KOORDINASI DINAS KESEHATAN KABUPATEN MINAHASA UTARA DALAM PENANGANAN COVID-19 (Studi di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa Utara)

Authors

  • Stevie Tuerah Program Studi Ilmu Pemerintahan FISPOL Unsrat
  • Sarah Sambiran Program Studi Ilmu Pemerintahan FISPOL Unsrat
  • Alfon Kimbal Program Studi Ilmu Pemerintahan FISPOL Unsrat

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah tujuan dalam penelitian ini adalah Untuk mengetahui  Koordinasi Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa Utara dengan Stakeholder Dalam Penanganan Covid 19. Hingga saat ini penyebaran covid 19 bukan hanya ada pada kota-kota besar, namun sudah merambah hingga desa-desa yang mengakibatkan ribuan orang meninggal dunia dan puluhan ribu orang terinfeksi. Selain dampak kesehatan, dampak lain yang ditimbulkan adalah permasalahan ekonomi dan social dimana-mana. Oleh sebab itu pemerintah pusat membuat banyak aturan untuk mencegah penyebaran dan menanggulangi dampak yang ditimbulkan baik Undang-Undang, Peraturan Presiden, Peraturan Menteri, surat edaran hingga maklumat Kapolri nomor Mak/2/III/2020 tentang kepatuhan terhadap kebijakan pemerintah dalam penyebaran virus corona (covid-19). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan Koordinasi pencegahan penyebaran virus corona yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa Utara berjalan sesuai dengan tanggungjawab yang diemban masing-masing lembaga. Dengan tanggung jawab yang diberikan oleh pemerintah pusat dan daerah Dinas Kesehatan Minaha Utara saling berkoordinasi satu sama lain seperti Kepolisian, TNI, Sat Pol PP, BNPB dan Masyarakat serta instansi pemerintah daerah terkait lainnya.

 

Kata Kunci : Koordinasi, Dinas Kesehatan, Penanganan Covid-19

Downloads

Published

2022-01-13

How to Cite

Tuerah, S., Sambiran, S., & Kimbal, A. (2022). KOORDINASI DINAS KESEHATAN KABUPATEN MINAHASA UTARA DALAM PENANGANAN COVID-19 (Studi di Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Minahasa Utara). JURNAL EKSEKUTIF, 2(1). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jurnaleksekutif/article/view/37910

Issue

Section

Articles