PERILAKU MEMILIH GENERASI MUDA DALAM PEMILIHAN GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR SULAWESI UTARA TAHUN 2020 (Studi di Di Kecamatan Malalayang Kota Manado)

Authors

  • Aprillia Megaputri Pajow Program Studi Ilmu Politik FISPOL Unsrat
  • Agustinus B Pati Program Studi Ilmu Politik FISPOL Unsrat

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui Perilaku Memilih Generasi Muda Dalam Pemilihan Gubernur Dan Wakil Gubernur Sulawesi Utara Tahun 2020 Di Kecamatan Malalayang Kota Manado. Pemilihan kepala daerah secara langsung tidak hanya merupakan format baru dalam kancah politik nasional, melainkan merupakan arus politik demokrasi pada arus lokal. Menyelenggarakan sebuah proses pemilihan umum secara langsusng, jujur dan adil diperlakukan komitmen semua stakeholders untuk menyelenggarakan pemilihan secara transparan dan akuntabel. Komitmen ini harus ditunjukan oleh semua stakeholders yang terkait seperti pemuyelenggara pemilu seperti KPU dan jajarannya, panwaslu, partai politik yang mengusung pasangan calon, pasangan calon, tim sukses, tim kampanye, organisasi pemantau pemilu, lembaga-lembaga pengamat serta dukungan dari masyarakat. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif untuk menjawab pertanyaan penelitian. Hasil penelitian disimpulkan Pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sulawesi Utara tahun 2020 khususnya di Kecamatan Malalayang, sikap atau perilaku memilih generasi muda dipengaruhi oleh ebberapa factor antara lain factor sosiologis, yakni hubungan keluarga yaitu orang tua berperan penting dengan preferensi pilihan politik generasi muda.

 

 

Kata Kunci : Perilaku Generasi Muda, Pilkada

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

Pajow, A. M., & Pati, A. B. (2022). PERILAKU MEMILIH GENERASI MUDA DALAM PEMILIHAN GUBERNUR DAN WAKIL GUBERNUR SULAWESI UTARA TAHUN 2020 (Studi di Di Kecamatan Malalayang Kota Manado). JURNAL EKSEKUTIF, 2(2). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jurnaleksekutif/article/view/41774

Issue

Section

Articles