MARKETING POLITIK PARTAI DEMOKRASI INDONESIA PERJUANGAN DALAM MEMENANGKAN KURSI TERBANYAK DI PEMILIHAN LEGISLATIF 2019 DI KOTA KOTAMOBAGU

Authors

  • Tesa Korompis Program Studi Ilmu Politik Unsrat
  • Jamin Potabuga Program Studi Ilmu Politik Unsrat
  • Wiesje F Wilar Program Studi Ilmu Politik Unsrat

Abstract

Negara Indonesia adalah Negara yang berdasarkan kedaulatan rakyat, sesuai dengan pasal 1 ayat 2 Undang-undang Dasar 1945 yang menjelaskan Kedaulatan berada ditangan rakyat dan dilaksanakan menurut Undang-Undang Dasar. Kepunyaan yang dipunyai oleh rakyat itu antara lain tercermin dengan dilaksanakannya pemilihan umum dalam waktu-waktu tertentu. Pentingnya pemilihan umum diselenggarakan secara berkala dikarenakan oleh beberapa sebab. Pertama, pendapat atau aspirasi rakyat mengenai berbagai aspek kehidupan bersama dalam masyarakat bersifat dinamis, dan berkembang dari waktu ke waktu. Ilmu marketing pun nyatanya bisa diadopsi pada berbagai macam bidang termasuk politik. Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) adalah salah satu partai yang ada dalam jajaran partai politik di dalam pemilihan umum di Kota Kotamobagu tahun 2019 yang lalu. Sebagai salah satu partai politik yang mempunyai nama besar partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) juga mempunyai peranan dalam mengkomunikasikan politik kepada simpatisan dan masyarakat, bergerak dalam lapangan politik untuk ikut mengatur ketatanegaraan Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui bagaimana Marketing Partai Politik Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan dalam Memenangkan Kursi Terbanyak di Pemelihan Legislatif 2019 di Kotamobagu .Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif,yaitu dengan mengumpulkan data langsung dari lokasi dengan melakukan observasi, wawancara sesuai subjek penelitian. Pemasaran Politik (Political Marketing) yang dilihat dari 4 P yaitu : Product, Promotion, Price, Place (Firmanzah 2008:57) Partai PDIP dalam pemilihan Calon Legislatif Kotamobagu Tahun 2019 telah dilaksanakan dengan strategi yang dilakukan diantaranya adalah : dalam hal menjaring kader/kandidat calon legislatif Kotamobagu Tahun 2019 PDIP menggunakan survey terlebih dahulu kepada masyarakat agar supaya kandidat yang didapat benar - benar merupakan kebutuhan masyarakat dan mampu membawa aspirasi konstituen.

 

 Kata Kunci: : Marketing, Partai Politik, PDIP, Pemilihan Legislatif

 

Downloads

Published

2022-07-16

How to Cite

Korompis, T., Potabuga, J., & Wilar, W. F. (2022). MARKETING POLITIK PARTAI DEMOKRASI INDONESIA PERJUANGAN DALAM MEMENANGKAN KURSI TERBANYAK DI PEMILIHAN LEGISLATIF 2019 DI KOTA KOTAMOBAGU. JURNAL EKSEKUTIF, 2(3). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/jurnaleksekutif/article/view/42126

Issue

Section

Articles