HUBUNGAN ANTARA KEPUASAN KERJA,MOTIVASI KERJA DENGAN KINERJA GURU SMP NEGERI 1 TOMBATU KABUPATEN MINAHASA TENGGARA

Authors

  • Garry O. Sumendap
  • Feby K. Kolibu
  • Woodford B.S. Joseph

Abstract

Guru merupakan faktor utama dalam proses pendidikan. Karena itu, hasil belajar siswa sangat dipengaruhi oleh kinerja guru. Kinerja pada dasarnya dipengaruhi oleh kondisi-kondisi tertentu yaitu kondisi yang berasal dari dalam individu itu sendiri yang disebut dengan faktor individual dan kondisi yang berasal dari luar individu yang disebut dengan faktor situasional. Faktor individual meliputi jenis kelamin, kesehatan, pengalaman dan karakteristik psikologi yang terdiri dari motivasi, kepribadian dan orientasi tujuan.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara kepuasan kerja, motivasi dan kinerja guru di SMP Negeri 1 Tombatu. Penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian survey analitik dengan pendekatan cross-sectional.Tempat penelitian adalah di SMP Negeri 1 Tombatu KabupatenMinahasa Tenggara, Provinsi Sulawesi Utara. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret- September 2017. Populasi dalam penelitian ini adalah guru – guru yang mengajar di SMP Negeri 1 Tombatu sebanyak 39 orang guru. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh guru yang berstatus pegawai negeri sipil yang ada di SMP Negeri 1 Tombatu, yang berjumlah 34 orang guru.Variabel yang diteliti yaitu kepuasan kerja dan motivasi kerja dengan kinerja guru. Analisis bivariat menggunakan ujichi square (CI=95%, α=0,05). Hasil uji statistic antara kepuasan kerja dengan kinerja guru, dengan nilai p=0,001; Hasil uji statistic antara motivasi kerja dengan kinerja guru, dengan nilai p=0,004. Kesimpulannya adalah terdapat hubungan antara kepuasan kerja dengan kinerja guru, serta terdapat hubungan anatara motivasi kerja dengan kinerja guru di SMP Negeri 1 Tombatu Kabupaten Minahasa Tenggara.

Kata Kunci: Kepuasankerja, Motivasi, Kinerja, Guru


ABSTRACT
The teacher is a major factor in the process of education. Therefore, the student learning outcomes are strongly influenced by the performance of teachers. The performance is basically influenced by certain conditions i.e. conditions that comes from within the individual himself who called the individual factors and the condition of the individual who is called circumstantial factors. Individual factors include gender, health, experience and psychology characteristics consisting of motivation, personality and orientation purposes. The purpose of this research is to find out whether there is a relationship between job satisfaction, motivation and performance of teachers in SMP Negeri 1 Tombatu. This research included in the category of analytic survey research with approach cross-sectional. Research is the place in teachers in SMP Negeri 1 Tombatu, Southeast Minahasa Regency, North Sulawesi Province. This research was carried out in March-September 2017. The population in this research is the teacher – teacher who taught in SMP Negeri 1 Tombatu, as many as 39 teachers. The sample in this study are all the teachers are civil servants who are in SMP Negeri 1 Tombatu, totalling 34 teachers. The variables examined, i.e. job satisfaction and motivation of working with teacher performance. Analysis using chi square test bivariat (CI = 95%, α = 0.05). The results of statistical tests between job satisfaction with the performance of teachers, with a value of p = 0.001; The results of statistical tests between the motivation of working with teacher performance, with a value of p = 0.004. The conclusion is there is a connection between the job satisfaction with the performance of teachers, and there is the relationship between motivation of working with the performance of teachers in SMP Negeri 1 Tombatu, Southeast Minahasa Regency.

Key Words:Job Satisfaction, Motivation, Performance, Teacher

Downloads