HUBUNGAN ANTARA KEBIASAAN MEROKOK DENGAN KEJADIAN PENYAKIT JANTUNG KORONER PADA PASIEN YANG BERKUNJUNG DI INSTALASI CARDIOVASCULAR AND BRAIN CENTRE (CVBC) RSUP PROF. DR. R. D. KANDOU MANADO

Authors

  • Pasedan Citra Sintya Pracilia
  • Jeini E. Nelwan
  • Fima F.L.G. Langi

Abstract

Penyakit Jantung Koroner (PJK) merupakan penyakit kardiovaskuler yang paling banyak mengakibatkan kematian. Penyakit Jantung koroner diakibatkan oleh beberapa faktor salah satunya yaitu merokok. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui hubungan antara kebiasaan merokok dengan kejadian penyakit jantung koroner. Penelitian ini merupakan peneletian observasional dengan desain cross sectional dengan studi retrospektif. Pada penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan total responden 96 orang . Analisis data dilakukan secara univariat dan bivariat dengan uji Chi Square (a=0.05) dan menghitung nilai Odd Ratio (OR). Hasil penelitian ini menunujukkan ada hubungan antara kebiasaan merokok dan kejadian PJK (p= 0.000<0.05) dengan nilai OR= 5.850 yang berarti risiko orang dengan kebiasaan merokok 5.8 kali lebih besar dibandingkan orang yang tidak merokok.

Kata Kunci : Penyakit Jantung Koroner (PJK), Kebiasaan Merokok


ABSTRACT
Coronary Heart Disease (CHD) is the most cardiovascular disease that causes death. CHD is caused by several factors, one of them is smoking. The purpose of this study was to determine the relationship between smoking behaviour and CHD. The study was an observational study with cross sectional design was used retrospectively. This study used purposive sampling technique with total respondent was 96 people. Data analysis was performed using univariate and bivariate with Chi Square test (α=0,05) and calculate the value of Odd Ratio (OR). The result of this study showed that there is a relationship between smoking behaviour and CHD (p=0,000<0,05) and OR = 5.850 that means smokers have 5.8 greater risk of developing CHD compared to non-smokers.

Keyword : Coronary Heart Disease (CHD), Smoking behavior

Downloads