HUBUNGAN ANTARA KOMUNIKASI DOKTER PASIEN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI SILOAM HOSPITALS MANADO

Authors

  • Eireine M. Pandoh
  • Ardiansa A.T. Tucunan
  • Adisti A. Rumayar

Abstract

Komunikasi merupakan salah satu upaya individu dalam menjaga dan mempertahankan individu untuk tetap berinteraksi dengan orang lain. Komunikasi yang baik antara dokter-pasien sangat penting dilakukan baik secara verbal maupun nonverbal untuk menciptakan hubungan yang erat antar individu sehingga dapat memberikan dampak puas kepada pasien. Tujuan dari penelitian ini yakni untuk mengetahui hubungan antara komunikasi verbal dan nonverbal dokter pasien dengan kepuasan pasien rawat inap di Siloam Hospitals Manado. Penelitian menggunakan jenis penelitian survey analitik dengan rancangan pendekatan cross sectional study. Populasi dalam penelitian ini yaitu semua pasien rawat inap di Siloam Hospitals Manado. Besar sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling sehingga diperoleh 100 responden yang memenuhi kriteria inklusi penelitian. Data primer diperoleh melalui kuesioner yang telah di uji validitas dan reliabilitasnya. Analisis hubungan tiap variabel menggunakan uji statistik chi-square dengan tingkat kepercayaan 95% nilai α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan, ada hubungan antara komunikasi dokter-pasien dengan kepuasan pasien dengan nilai = 0,06 ( value < 0,05) nilai OR = 4.261, serta tidak ada hubungan antara komunikasi nonverbal dokter-pasien dengan kepuasan pasien dengan nilai = 0,131 ( value ≥ 0,05). Kesimpulannya ada hubungan antara komunikasi verbal dokter-pasien dengan kepuasan pasien dan tidak ada hubungan antara komunikasi nonverbal dokter-pasien dengan kepuasan pasien rawat inap di Siloam Hospitals Manado.

Kata kunci: komunikasi verbal, nonverbal, kepuasan pasien.


ABSTRAK
Communication is one of the individual's efforts to maintain and maintain individuals to continue to interact with others. Good communication between doctors and patients is very important to do both verbally and nonverbally to create close relationships between individuals so that they can have a satisfied impact on the patient. The purpose of this study is to determine the relationship between doctor's verbal and nonverbal communication of patients with inpatient satisfaction at Siloam Hospitals Manado. The study used a type of analytic survey research with a cross sectional study design. The population in this study is all inpatients at Siloam Hospitals Manado. The sample size in this study used purposive sampling to obtain 100 respondents who met the research inclusion criteria. Primary data is obtained through a questionnaire that has been tested for validity and reliability. Analysis of the relationship of each variable using statistical chi-square test with a 95% confidence level α = 0.05. The results showed that there was a relationship between physician-patient communication and patient satisfaction with a value of Ï = 0.06 (Ï value <0.05) OR value = 4.261, and there was no relationship between doctor-patient nonverbal communication and patient satisfaction with Ï value = 0.131 (Ï value ≥ 0.05). In conclusion there is a relationship between verbal communication between doctor-patient and patient satisfaction and there is no relationship between doctor-patient nonverbal communication and inpatient satisfaction at Siloam Hospitals Manado.

Keywords: verbal communication, nonverbal, patient satisfaction.

Downloads