FAKTOR-FAKTOR RISIKO KEJADIAN HIPERTENSI NELAYAN DI DESA MALA DAN MALA TIMUR KECAMATAN MELONGUANE KABUPATEN KEPULAUAN TALAUD

Authors

  • Jeli Noura Buntaa
  • Budi T. Ratag
  • Jeini Ester Nelwan

Abstract

Penyakit tidak menular merupakan penyakit dengan urutan pertama memiliki penyebab kematian terbesar. Salah satu penyakit tidak menular yang menjadi masalah yang paling besar yaitu penyakit hipertensi. Hipertensi adalah penyakit yang menjadi perhatian di banyak negara di dunia, baik di negara maju ataupun di negara berkembang, Secara rerata prevalensi hipertensi di Sulawesi Utara cukup tinggi melebihi prevalensi nasional. Tujuan dari hasil penelitian yang dilakukan yaitu untuk menganalisis faktor-faktor risiko kejadian hipertensi pada nelayan di Desa Mala dan Mala Timur Kecamatan Melonguane Kabupaten Kepulauan Talaud. Desain penelitian yang digunakan yaitu observasional analitik dengan rancagan cros sectional study. Dengan jumlah populasi 170 orang, sampel menggunakan perhitungan dengan rumus lemeshow yang didapat 62 sampel namun peneliti mengambil jumlah sampel sebanyak100 orang. Untuk teknik pengambilan sampel menggunakan sample random sampling.Alat ukur yang digunakan yaitu tensimeter dan kuesioner.Adapun uji Chi Square digunakan sebagai uji statistik dan dalam penelitian ini analisis data menggunakan analisis bivariat. Dari hasil uji yang dilakukan pada penelitian ini menunjukan bahwa variabel umur dengan kejadian hipertensi pada nelayan memiliki hubungan (p=0,005), variabel riwayat keluarga dengan hipertensi (p=0,000) dan tidak ada hubungan antara kebiasaan merokok dengan kejadian hipertensi pada nelayan dengan nilai p-value (p=0,539). Kesimpulan yang dapat diambil dari hasil penelitian ini bahwa variabel umur dan riwayat keluarga berhubungan dengan kejadian hipertensi sedangkan untuk variabel kebiasaan merokok tidak berhubungan dengan kejadian hipertensi.Adapun saran yang dapat diajukan yakni Melakukan kerja sama lintas sektor antara PKK, kader-kader kesehatan yang ada di Desa Mala dan Mala Timur dan organisasi yang ada di Desa Mala dan Mala Timur dalam upaya deteksi dini yaitu dengan cara pengukuran tekanan darah secara rutin dan melakukan penyuluhan tentang hipertensi dan diperlukan penelitian lebih lanjut.

Kata Kunci :Hipertensi,Umur, Riwayat Keluarga dan Kebiasaan Merokok.


ABSTRACT
Non-communicable diseases are major cause of deaths globally. One of those diseases that become a serious problem nowadays is hypertension. Hypertension is a disease of concern in many countries in the world, whether developed countries or developing countries,in the average prevalence of hypertension in North Sulawesi is quite highexceeding the national prevalence. The purpose of this research was to analyze the risk factors of hypertension in the fishing village of Mala and mala Eastern of subdistric melonguane of Talaud Islands Regency. The research method that has been used analytic observational research with cross sectional study. The population in this study was 170 people, the sample taken in this study as many as 100 people with Sampling techniques using sample random sampling. Measuring instrumens, used ware tensimeter and questionnaire. As for the Chi Square test was used as a statistical tests and in this study data analysis used bivariate analysis.The results of this study showed that has relationship between age with incidence of hypertension on the fisherman (p = 0.005), there is a relationship between a family history with hypertension (p = 0.000) and there is no relationship between the smoking habit with incident hypertension in Fisherman (p = 0,539). From this research it can be concluded that the variables of age and family history are associated with the incidence of hypertension while for thevariable habit of smoking is not related to the incidence of hypertension. As for the suggestion that can be filed by doing a cross-sector cooperation between PKK cadres, cadres of health in the village of Mala and Mala East and the organization that is in the village of Mala and Mala East in the early detection efforts, which is by means of measurement of blood pressure on a regular basis and doing outreach about hypertension and in needed further research..

Keywords: hypertension, Age, Family History and smoking habits.

Downloads