HUBUNGAN ANTARA HIGIENE PERORANGAN DENGAN INFESTASI CACING PADA SISWA SEKOLAH DASAR DI SDN 1 DODAP DAN SDN 1 DODAP MIKASA DESA DODAP KECAMATAN TUTUYAN KABUPATEN BOLAANG MONGONDOW TIMUR

Authors

  • Novita L. L. Wello
  • Finny Warouw
  • Sri Seprianto Maddusa

Abstract

Higiene perorangan (personal higiene) merupakan tindakan memelihara kesehatan dan kebersihan seseorang untuk kesejateraan fisik dan psikis. Kecacingan merupakan salah satu penyakit yang masih menjadi masalah bagi kesehatan masyarakat di Indonesia hingga saat, penyakit ini juga merupakan penyakit berbasis lingkungan. Tujuan dari penelitian ini Untuk mengetahui apakah ada hubungan antara higiene perorangan dengan infestasi cacing pada siswa Sekolah Dasar di SDN 1 Dodap dan SDN 1 Dodap Mikasa Desa Dodap Kecamatan Tutuyan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur. Jenis penelitian penelitian survei analitik dengan pendekatan Cross Sectional. Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah semua anak Sekolah Dasar yang di SDN 1 Dodap dan SDN Dodap Mikasa yang ada di Desa Dodap Kecamatan Tutuyan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur dengan sampel sebanyak 79 responden. Penelitian dilaksanakan di Desa Dodap Kecamatan Tutuyan Kabupaten Bolaang Mongondow Timur, pada bulan Mei sampai Agustus tahun 2018. Menggunakan instrumen penelitian yaitu kuesioner dan hasil dari Laboratorium dengan analisis univariat dan bivariat menggunakan uji normalitas yaitu uji fisher exact test square Cl = 95% dan α = 0,05. 98 (98,7%) responden yang negatif terinfeksi cacing dan 1 (1,3%) responden yang positif terinfeksi cacing. Sebanyak 45,6% responden dengan kebersihan kuku yang baik dan 54,4% responden dengan kebersihan kuku yang tidak baik dengan nilai p=1,00. Sebanyak 58,2 % responden dengan penggunaan alas kaki yang baik dan 41,8 responden dengan penggunaan alas kaki tidak baik dengan nilai p= 0.418. Sebanyak 34,2% responden dengan kebiasaan cuci tangan yang baik dan 65,8 responden dengan kebiasaan cuci tangan tidak baik dengan nilai p=1,00 Tidak terdapat hubungan antara higiene perorangan (kebersihan kuku, penggunaan alas kaki, kebiasaan cuci tangan dan kebiasaan mandi) dengan infestasi cacing cacing pada siswa Seolah Dasar di Desa Dodap Kecamatan Tutuyan Kabupaten Bolaang mongondow Timur.

Kata Kunci: Higiene Perorangan, Infestasi Cacing.


ABSTRACT
Personal hygiene is the action of maintaining one's cleanliness and health for physical and psychological well-being. Worms are one of the environmental-based diseases that is still a problem for public health in Indonesia until now. That because the prevalence of helminthiasis in Indonesia is still high. The age of elementary school children is the age which children oftentimes get contacted by soil, therefore children at this age are very vulnerable to being infected with worms. The purpose of this research is to determine the correlation between personal hygiene and worm infestation in elementary school students at SDN 1 Dodap and SDN 1 Dodap Mikasa, Dodap Village Tutuyan District Bolaang Mongondow The type of this research is analytical survey research with cross sectional approach. The population of this research are all elementary school children in SDN 1 Dodap and SDN Dodap Mikasa Dodap Village Tutuyan District Bolaang Mongondow, and the samples of this research were 79 respondents. The research was conducted in Dodap Village Tutuyan District Bolaang Mongondow, from May until August 2018. This research instruments were questionnaire and the sheet of laboratory. and the univariate and bivariate analysis used normality test i.e. Fisher exact test square CI = 95% and α = 0.05. There were 98 (98,7%) respondents that negatively get infected by worms and 1 (1,3%) respondents that positively get infected by worms. There were 45.6% of respondents had will nail hygiene and there were 54.4% of respondents had poor nails hygiene with p = 1.00. there were 58.2% of respondent use footwear well and 41.8 respondents with use footwear badly with a value of p = 0.418. there were 34.2% of respondents with good hand washing habits and 65,8 respondents with bad hand washing habits with p = 1.00. There is no correlation between personal hygiene (nail hygiene, use of footwear, hand washing habits and bathing habits) with worm infestations in elementary students in Dodap Village Tutuyan District Bolaang Mongondow.

Keywords: Personal Hygiene, Worm Infestation

Downloads