GAMBARAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT TATANAN RUMAH TANGGADI DESA KORENG KECAMATAN TARERAN KABUPATEN MINAHASA SELATAN

Authors

  • Asri G. Imbar
  • Ardiansa A.T. Tucunan
  • Grace E. C. Korompis

Abstract

Perilaku hidup bersih dan sehat tatanan rumah tangga dapat berpengaruh pada derajat kesehatan keluarga itu sendiri. Pengembangan desa dan kelurahan dapat memberdayakan keluarga-keluarga agar mampu mempraktikkan PHBS. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat merupakan tindakan dalam mewujudkan kesehatan masyarakat dalam hal ini yaitu sekumpulan perilaku yang dapat di praktikkan dalam menjadikan seseorang, keluarga, atau masyarakat bisa berperan aktif dn mampu menolong dirinya sendiri dalam bidang kesehatan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui gambaran Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) rumah tangga di Desa Koreng Kecamatan Tareran. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat deskriptif. Penelitian ini dilakukan pada bulan Juli-September 2018 di Desa Koreng Kecamatan Tareran. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh rumah tangga yang berada di Desa Koreng Kecamatan Tareran yang berjumlah 326 rumah tangga. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 180 sampel. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner. Penelitian ini dilakukan secara deskriptif. Gambaran pengetahuan dikategorikan baik yaitu 69.4% gambaran sikap 75.6% dikategorikan baik dan gambaran tindakan dikategorikan baik yaitu 55%. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa pengetahuan dan sikap tidak memiliki kesinambungan dengan tindakan dalam membentuk perilaku yang baik.

Kata Kunci : Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, Rumah Tangga


ABSTRACT
The degree of family health largely determined by Living clean and healthy Behavior of the family itself.The core of the development of the village and the village is empowering families to practice healthy and clean life behavior.Living clean and healthy behavior is a set of behaviors that put into practice on the ground of consciousness as a result of learning, which makes a person, family, group or society is able to help himself in the field of health and plays an active role in realizing the public health.This research was conducted to find out the image of clean living and healthy Behaviour of households in the Koreng village of Tareran Sub-district. This research is descriptive research that is.This research was conducted in July-September 2018 in the Koreng village of Tareran Sub-district.The population in this study are all the households in the Koreng village of Tareran Sub-district 326 households.The sample in this research totalled 180 samples. The instruments used in this study is a questionnaire.Data analysis on the research that is done in a descriptive.An overview of knowledge 69.4% categorized well, the description of the attitude of 75.6% categorized well, and an overview of the Act 55% categorized either.Conclusion the research indicates that has not been the existence of the continuity of knowledge, attitudes, and actions to establish good behaviour, although all three are categorized either.

Keywords: Behavior, Clean Living and Healthy Household

Downloads