HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN DAN SIKAP DENGAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT PADA TATANAN SEKOLAH DI SD NEGERI 23 DAN SD NEGERI 56 MANADO

Authors

  • Nieke Vinka Tambuwun Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Adisti A. Rumayar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Sulaemana Engkeng Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado

Abstract

PHBS disekolah merupakan suatu kebutuhan untuk mencegah penyakit yang timbul kepada anak-anak sekolah yang berumur 6 sampai 12 tahun seperti penyakit cacingan, diare, sakit gigi, penyakit kulitgizi buruk dan penyakit lainnya.. Desain yang digunakan dalam penelitian ini yaitu jenis  penelitianberupa survei dengan rancangan penelitian cross sectional study. Tempat dilaksanakannya penelitian ini bertempat di SD Negeri 23 dan SD Negeri 56 Manado pada bulan Maret-Agustus tahun 2019. Sampel yang digunakan berjumlah 55 responden yang diambil dari total populasi. Instrument dalam penelitian ini menggunkan kuesioner. Hasil dalam penelitian ini diperoleh p Value 0,042 pada hubungan antara pengetahuan dengan perilaku hidup bersih dan sehat, dan hubungan antara sikap dengan perilaku hidup bersih dan sehat dengan nilai p Value yaitu 0,009.

 

Kata kunci : Pengetahuan, Sikap, PHBS

 

ABSTRACK

PHBS at school is a need to prevent diseases that arise in school children aged 6 to 12 years such as intestinal worms, diarrhea, toothaches, malnutrition and other diseases. cross sectional study. The place where this research was conducted took place at SD Negeri 23 and SD Negeri 56 Manado in March-August 2019. The sample used amounted to 55 respondents drawn from the total population. The instrument in this study used a questionnaire. The results in this study were obtained p Value 0.042 on the relationship between knowledge with clean and healthy living behaviors, and the relationship between attitudes with clean and healthy living behaviors with a p value of 0.009.

 

Keywords: Knowledge, Attitude, PHBS

Downloads