HUBUNGAN ANTARA STATUS SOSIAL EKONOMI DENGAN STATUS GIZI PADA ANAK USIA 24-59 BULAN DI DESA WORI KECAATAN WORI KABUPATEN MINAHASA UTARA
Abstract
Gizi merupakan salah satu faktor sangat terpenting dalam menentukan kualtas sumber daya manusia. Salah satu indikator yang menentukan pertumbuhan anak yaitu dari kulitas status gizi yang begitu  sangat baik. Adalagi faktor yang dapat mempengaruhi status gizi anak yaitu pendidikan, pekerjaan dan juga pendapatan . Tujuan penelitian ini mencari hubungan antara status sosial ekonomi dgn status gizi pada anak usia 24-59 bulan di Desa Wori Kecamatan Wori Kabupaten Minahasa Utara. Desain penelitian ini yang digunakan yaitu  analitik Cross-Sectional. Populasi adalah seluruh anak dengan usia 24-59 bulan, dengan sampel penelitian ini seluruh jumlh populasi yaitu 95 anak. Penelitian di laksanakan  bulan Mei-Juni 2019. Hasil penelitian  menunjukkan status gizi bedasarkan (BB/U) status gizi kurang 11 (11,6 %) dan status gizi baik  84 (88,4%). Indeks status gizi (BB/TB) status gizi kurus sebanyak 15 (15,8%) dan 80 (84,2%) status gizi normal. Indeks status gizi (TB/U) 19 (18,9)  pendek dan (IMT/U) status gizi kurus sebanyak 18 (18,9%) dan 77 (81,1%) status gizi normal. Karakteristik status sosial ekonomi seperti pendidikan orang tua mendominasi pada tingkat pendidikan rendah. Sebanyak 87,4% ibu  bekerja di dalam rumah atau menjadi Ibu Rumah Tangga. Pendapatan keluarga sebagian termasuk pendapatan rendah 87 (91,6%). Berdasarkan hasil uji chi quare ada hubungan antara pendidikan ayah dengan status gizi (IMT/U)  (p= 0.001). Pendidikan ibu (IMT/U)  (p= 0,001). Berdasarkan hasil  Fisher Exact test ini tidak terdapat hubungan antara pekerjaan ibu dengan status gizi (IMT/U) (p= 0.591) & begitu juga tiadak terdapat adanya hubungan pendapatan keluarga dengan status gizi (IMT/U) (p= 0,345). Kesimpulan dari penelitian ini terdapat hubungan antara pendidikan orang tua dengan status gizi anak (IMT/U), pekerjaan ibu serta pendapatan keluarga tidak terdapat hubungan dengan status gizi anak (IMT/U). Disarankan kepada orangtua untuk memperhatikan lebih baik  lagi asupan makanan bagi anak baik dari segi yang  berkualitas maupun kuantitas. Juga bagi orang tua harus rajin pergi ke posyandu mencari informasi dengan mengikuti penyuluhan-penyuluhan tentang masalah gizi pada anak.
Â
Kata Kunci: Sosial Ekonomi Dan Status Gizi
Â
ABSTRACT
Nutrition is an essential factor in determining the quaity of human resources. One indicator that determines the growth of chiildren is the quality of good nutritional statuss. The factors that can affect the nutritionl status of children are educatioon, employment, and incomee. The purpose oof this study to lok is for a relationship between socioeconomic status nutritional status  children aged 24-59 months in Wori Village, Wori District, North Minahasa Regency. The design of this researchh is analytic design with a Cross-Sectional approach. The population is all children aged 24-59 monthss, the sample of this study is the total population of 95 children. This research was conducted in May-June 2019. Based on nutritional status a (BB/U) there were 11 (11.6%) underweight and 84 (88.4%) good nutritin. Nutritional status index (BB/TB) contained thin nutritional status of 15 (15.8%) and 80 (84.2%) normal nutrition. Nutritional status index (TB/U) and (IMT/U) there are underweight nutritional status of 18 (18.9%) and 77 (81.1%) status normal nutrition. Characteristics of socioeconomic status such as mother and father education predominate at low levels of education. As many as 87.4% of mothers do not work or become a housewife. Family income is mostlly included in the low incme of 87 (91.6%). Based on the results of the chi-square test, the father 's education (IMT/U) is obtained p-value = 0.001. Maternal education (IMT/ U) p-value = 0.001. Based on Fisher Exact test Work motheer test results (IMT/U) p = 0.591 and family incomee (IMT/ U) p = 0.345. This study concludes that the father education and mother' education have a relationship with the nutritional status of children (IMT / U), and maternal work and family income have no relationship with the nutritional status of children (IMT/ U). It is recommended for parents to pay attention to food intake for children both in terms of quality and quantity. Also for parents to be diligent in going to the Integrated Healthcare Center looking for information by following counseling about nutrition problems in children.
Â
Keywords: Socio-Economic and Nutritional Status