HUBUNGAN ANTARA PERSEPSI MUTU JASA PELAYANAN KESEHATAN DENGAN TINGKAT KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT GMIM SILOAM SONDER
Abstract
Rumah sakit didirikan untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat dalam bentuk tindakan medis, diaknostik serta upaya rehabilitasi. Untuk itu, perluh adanya berbagai sumber daya yang harus diatur dengan manajemen yang baik guna dapat memeberikan pelayanan yang berdaya guna dan berhasil guna kepada masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengatahui tentang adanya hubungan antara persepsi mutu jasa pelayanan dengan tingkat kepuasan pada pasien rawat jalan di rumah sakit GMIM siloam sonder. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode pendekatan cross sectional yang dilaksanakan pada bulan juli-oktober 2019 dengan jumlah sampel sebanyak 81 responden. Hasil penelitian didapatkan bahwa responde dengan mutu pelayanan kesehatan lebih banyak memilih kategori baik dengan persentase 53,1% dan untuk kategori kepuasan pasien lebih banyak responden memilih puas dengan persentase 75,3%, didapatkan juga p value dengan nilai 0,004 dan odd ratio 4,975. Maka, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi mutu jasa pelayanan kesehatan dengan tingkat kepuasan pasien rawat jalan di rumah sakit GMIM siloam.
Â
Kata Kunci : Kepuasan, Mutu, Persepsi
Â
Â
ABSTRACT
The hospital was established to provide health services to the community in the form of medical actions, deacors and rehabilitation efforts. Therefore, there is a variety of resources that must be arranged with good management in order to provide a reliable and successful service to the community. This study aims to know about the relationship between the perception of the quality of services with level of satisfaction on an outpatient basis in GMIM Siloam Hospital Sonder. This type of research is quantitative with a cross sectional approach method conducted in July-October 2019 with a sample number of 81 respondents. The results of the study came that the Responde with the quality of health services prefer a good category with a percentage of 53.1% and for the category of satisfaction patients more respondents choose satisfied with the percentage of 75.3%, also obtained p value with a value of 0.004 and odds ratio 4.975. So, it can be concluded that there is a significant relationship between the perception of quality of healthcare services with the level of satisfaction of an outpatient in GMIM Siloam Hospital Sonder.
Â
Keywords: satisfaction, quality, perception