DETERMINAN PERILAKU PEMBERIAN AIR SUSU IBU EKSKLUSIF DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KECAMATAN AMURANG TIMUR KABUPATEN MINAHASA SELATAN

Authors

  • Rifkha Elisabeth Ratu Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Sulaemana Engkeng Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Hilman Adam Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado

Abstract

Air susu ibu yang selanjutnya di singkat ASI adalah cairan hasil sekresi kelenjar payudara ibu. Air susu Ibu Eksklusif yang selanjutnya di sebut ASI Eksklusif adalah ASI yang di berikan kepada bayi sejak di lahirkan selama enam bulan tanpa menambah dan atau mengganti dengan makanan atau minuman.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan,sikap dan dukungan suami dengan pemberian ASI Eksklusif di wilayah kerja Puskesmas Kecamatan Amurang Timur Kabupaten Minahasa Selatah. Jenis penelitian ini yaitu penelitian observasiona/survey analitik dengan desain cross sectional study dengan jumlah populasi yang diambil sebanyak 35 responden. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner.Analisis yang digunakan yaitu uji statistik menggunakan Chi Square.Hasil yang didapatkan yaitu diketahui adanya hubungan antara pengetahuan ibu dengan pemberian ASI (p=0,028), adanya hubungan antara sikap ibu dengan pemberian ASI (p=0,024), tidak adanya hubungan antara Dukungan pemberian ASI dengan perilaku pemberian ASI (p=0,395).

 

Kata Kunci : Pengetahuan, Sikap , Dukungan Suami

 

ABSTRACT

breast milk abbreviated as ASI is fluid resulting from grandular secreations of breast. Exclusive breast milk abbreviated as ASI exclusive that is given to babies from birth for six months without added or replaced other foods and drinks. the research purpose is to know relation of knowledge, attitude, and supported by husband for the breastfeeding in the Puskesmas area of East Amurang Sub-district, South Minahasa Regency. This research uses analytic survey, using a cross sectional design with total population taken is 35 respondents. This instrument research uses a questionary. This analysis used is statistic test using Chi Square. The results are know mother’s knowledge & breastfeeding relation (p=0,028) , mother’s attitude and breastfeeding relation (p=0,024), and there is not relation between supporting and breastfeeding (p=0,395).

 

Keywords : Knowledge, Attitude, Supported by Husband

Downloads