HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN KESELAMATAN DAN KESEHATAN KERJA DAN STRES KERJA DENGAN TINDAKAN TIDAK AMAN PADA PEKERJA OPERATOR BOILER DAN TURBIN DI PJBS PLTU AMURANG

Authors

  • Rinny P. Supit Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Paul A.T Kawatu Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Sulaemana Engkeng Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado

Abstract

Pengetahuan seseorang sangat penting dalam membentuk tindakan seseorang (Notoatmodjo, 2010). Pengetahuan tentang keselamatan dan kesehatan kerja akan mencegah terjadinya tindakan tidak aman yang dapat menyebabkan kecelakaan kerja (Ramli, 2010). Pengetahuan diperlukan untuk menumbuhkan rasa percaya diri, sikap dan perilaku setiap hari dan dapat diaplikasikan pada situasi lain (Notoatmodjo, 2014). Akan tetapi, pengetahuan yang diperoleh tidak mampu untuk di aplikasikan karena sebab keterbatasan dari dalam diri, maka pekerja akan mengalami stres karena kekurangmengertian pekerja akan keterbatasan-keterbatasannya sendiri (Munandar, 2001). Penelitian ini bertujuan untuk Mengetahui hubungan antara pengetahuan keselamatan dan kesehatan kerja dan stres kerja dengan tindakan tidak aman pada pekerja operator boiler dan turbin di PJBS PLTU Amurang. Penelitian ini merupakan penelitian survei analitik dengan menggunakan rancangan study cross sectional (potong lintang). Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pekerja operator boiler dan turbin di PJBS PLTU Amurang yang berjumlah 41 pekerja. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Total Sampling. Total sampling merupakan teknik pengambilan sampel dari seluruh anggota populasi sebagai sampel penelitian. Analisis penelitian ini menggunakan analisis univariat dan bivariat dengan uji Chi Square. Hasil yang didapatkan tidak terdapat hubungan antara pengetahuan keselamatan dan kesehatan kerja dengan tindakan tidak aman (p=0,300), terdapat hubungan antara Stres Kerja dengan Tindakan Tidak Aman (p=0,003). Kesimpulan dari penelitian ini yaitu tidak terdapat hubungan antara pengetahuan keselamatan dan kesehatan kerja dengan tindakan tidak aman pekerja operator boiler dan turbin di PJBS PLTU Amurang, terdapat hubungan antara stres kerja dengan tindakan tidak aman pada pekerja operator boiler dan turbin di PJBS PLTU Amurang.

 

Kata Kunci : Pengetahuan, Stres Kerja, Tindakan Tidak Aman

 

ABSTRACT

One's knowledge is crucial in shaping one's actions (Notoatmodjo, 2010). Knowledge of occupational safety and Health will prevent the occurrence of unsafe actions that can cause a work accident (Ramli, 2010). Knowledge is needed to cultivate self-esteem, attitudes and behaviors daily and can be applied to other situations (Notoatmodjo, 2014). However, knowledge obtained is not able to apply because of the limitations of the inside, then workers will experience stress because Kekurangmengertian workers will keterbatasan-keterbatasannya themselves (Munandar, 2001). This research aims to know the relationship between occupational safety and health and work stress with unsafe action on the workers of boiler and turbine operators in PJBS PLTU Amurang. This research is a research analytical survey using the study cross sectional plan (cut latitude). The population in this study is all workers boiler and turbine operators in PJBS PLTU Amurang which amounted to 41 workers. Sampling techniques in this study used Total Sampling. Total sampling is a sampling technique of all population members as research samples. Analysis of this research uses univariate analysis and bivariate with Chi Square test. The result is that there is no relationship between the knowledge of occupational safety and Health with unsafe actions (P = 0,300), there is a link between work stress and unsafe action (P = 0,003). Conclusion of this research IE there is no relationship between the knowledge of occupational safety and Health with the unsafe action of workers operator boiler and turbine in PJBS PLTU Amurang, there is a link between work stress with unsafe action on the workers of boiler and turbine operators in PJBS PLTU Amurang.

 

Keywords: Knowledge, Work stress, Unsafe Actions

Downloads