HUBUNGAN ANTARA KOMUNIKASI DOKTER-PASIEN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT INAP DI RSUD KOTA BITUNG

Authors

  • Meldi Makahiking Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Franckie R.R Maramis Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Adisti A Rumayar Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado

Abstract

Pentingnya komunikasi dalam pelayanan kesehatan yang dilakukan oleh tenaga kesehatan dengan pasien ataupun keluarga pasien untuk memberikan informasi yang jelas sehingga adanya kesepahaman dan presepsi yang sama antara kedua belah pihak. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk untuk mengetahui hubungan antara komunikasi verbal dan nonverbal dokter pasien dengan kepuasan pasien rawat inap di RSUD Kota Bitung. Metode Penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian survei analitik dengan pendekatan Cross sectional Study. Penelitian ini dilakukan di RSUD Kota Bitung dan waktu pelaksanaannya dilakukan pada bulan Desember - Januari 2020. Populasi dalam penelitian ini adalah semua pasien rawat inap yang dirawat di RSUD Bitung. Sampel pada penelitian ini dihitung menggunakan rumus Taro Yamane dan mendaptkan hasil  98,79 dibulatkan menjadi 100 responden yang memenuhi kriteria inklusi. Data primer diperoleh melalui kuesioner yang telah di uji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data yang digunakan berupa analisis univariat dan analisis bivariat. Pengolahan data yang digunakan uji Chi Squart, untuk tingkat signifikansi 95% (α = 0,05). Hasil Penelitian menunjukkan Ada hubungan antara komunikasi vebal dengan kepuasan pasien dengan nilai p = 0,011 (p value < 0,05) nilai OR = 2.842, dan ada hubungan antara komunikasi nonverbal dengan kepuasan pasien dengan nilai p = 0,000 (p value < 0,05) nilai OR = 4.444.

 

Kata Kunci: Komunikasi verbal, nonverbal, kepuasan pasien

 

ABSTRACT

The importance of communication in health services carried out by health workers with patients or families of patient to provide clear information so that there is the same understanding and perception commonly between two parties. The purpose of this research is to determine the relationship between verbal and non verbal communication, doctors patients with inpatient satisfication at Bitung City Hospital. The research method used is analytic survey research with cross sectional study approach. This research was conducted in the Bitung City Hospital, the implementation was carried out on December – January 2020. The population in this research was all inpatient treated at Bitung District Hospital. The sample size in this research was calculated using Taro Yamane formula and got the results 98.79 rounded up to 100 respondents, that fulfill the researc inclusion. The Primary data was gained from the questionnaire that have quality validity and reability. Analysis of the data used in the from of univariate analysis and bivariate analysis. Processing data used test Chi Square, to a significance level of 95% (α = 0,05). The results of the study show There is relationship between verbal communication with patient satisfication with the value of p = 0.011 (p value < 0,05) value of OR = 2.842, and there is relationship between nonverbal communication with patient satisfication with a value of p = 0,000 (p value < 0,05) value of OR 4.444.

 

Keywords: Verbal communication, nonverbal, patient satisfaction

Downloads