HUBUNGAN ANTARA MUTU JASA PELAYANAN KESEHATAN DENGAN KEPUASAN PASIEN RAWAT JALAN DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH AMURANG
Abstract
Mutu pelayanan kesehatan di rumah sakit menjadi satu hal yang ditekankan bahkan diwajibkan untuk menjadi satu tolak ukur hasil pencapaian kerja, oleh karena itu diperlukan adanya mutu yang baik untuk dapat menciptakan kepuasan pasien. Kepuasan pasien merupakan hasil evaluasi setelah membandingkan apa yang dirasakan dengan harapannya. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara mutu jasa pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien rawat jalan di Rumah Sakit Umum Daerah Amurang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan penelitian analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini dilakukan pada Oktober 2019 sampai Agustus 2020. Sampel dalam penelitian ini adalah pasien rawat jalan di Rumah Sakit Umum Daerah Amurang dengan 100 responden. Penelitian ini menggunakan kuesioner sebagai instrumennya. Analisis data dilakukan uji univariat dan bivariat, kemudian dilakukan uji statistik Chi-Square dan dilanjutkan dengan uji Fisher Exact. Hasil penelitian menunjukan terdapat hubungan antara nilai p-value dimensi bukti fisik (0,000), kehandalan (0,000), daya tanggap (0,000), jaminan (0,012) dan empati (0,023) dengan kepuasan pasien. Jadi dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara mutu jasa pelayanan kesehatan dengan kepuasan pasien rawat jalan di Rumah Sakit Umum Daerah Amurang.
Â
Kata Kunci : Mutu Jasa Pelayanan, Kepuasan Pasien, Rumah Sakit
Â
ABSTRACT
The quality of health services in the hospital is one thing that is emphasized and even required to be a benchmark for work achievement, therefore good quality is needed to be able to create patient satisfaction. Patient satisfaction is the result of evaluation after comparing what is felt with expectations. The purpose of this research is to know the relation between quality of health service and patients satisfaction in Amurang Distric General Hospital outpatient. The type of this research is quantitative research with observational analytic with a cross sectional approach. This research was conducted October 2019 to August 2020. The samples in this research were outpatients of Amurang Distric General Hospital with 100 respondents. This research use a questionnaires as the instrumet. The data analysis used univariate and bivariate test, than using the Chi-Square statistical test and followed by the Fisher Exact Test. The results showed that there is a relationship between the value of p-value dimension of tangible (0,000), reliability (0,000), responsiviness (0,000), assurance (0,012) and empathy (0,023) with patient satisfaction. Thus, it can be concluded that there is a relationship between quality of health service and patients satisfaction in Amurang Distric General Hospital outpatient.
Â
Keywords : Quality Health Service, Patients Satisfaction, Hospital.