HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN DAN KETERSEDIAAN BUAH DAN SAYUR DENGAN KONSUMSI BUAH DAN SAYUR PADA REMAJA DI KOLONGAN ATAS SONDER KABUPATEN MINAHASA

Authors

  • Nilia V.D Nay Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Joy A.M Rattu Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Hilman Adam Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado

Abstract

Konsumsi buah dan sayur adalah salah satu pesan penting dalam pedoman gizi seimbang agar menuju masyarakat hidup sehat. Untuk mengubah pola pikir yang ada pada masyarakat agar memiliki paradigma sehat, pemerintah Indonesia melakukan upaya melalui Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pengetahuan dan ketersediaan buah dan sayur dengan konsumsi buah dan sayur pada remaja di kolongan atas sonder kabupaten minahasa. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif, dengan metode survei analitik dengan pendekatan Cross Sectional. Sampel penelitian ini adalah remaja yang berada di kolongan atas sonder yang berjumlah 68 responden. Analisis penelitian ini meliputi univariat dan bivariat dengan menggunakan uji Chi-Square dengan tingkat kemaknaan 95% (α= 0,05) menggunakan bantuan program komputer. Hasil penelitian ini menunjukkan terdapat hubungan antara ketersediaan buah dan sayur dengan pengetahuan tentang buah dan sayur (p=0,004) serta terdapat hubungan antara ketersediaan buah dan sayur dengan konsumsi buah dan sayur (p=0,000).

 

Kata kunci : pengetahuan, ketersediaan buah dan sayur, konsumsi buah dan sayur

 

ABSTRACT

Consumption of fruits and vegetables is one of the most important messages in balanced nutrition so that people can lives healthy. To change the mindset that exists in society so that it has a healthy paradigm, the Indonesian government is making efforts through the Healthy Living Community Movement (GERMAS). This study aims to examine the relationship between knowledge and information on fruits and vegetables consumption among teenagers or young adults in the upper class of Minahasa district. This research is a quantitative study, with an analytic survey method with a cross sectional approach. The sample of this research is teenagers who are in the upper class of respondents who can be 68 respondents. The analysis of this study includes univariate and bivariate using the Chi-Square test with a significance level of 95% (α = 0.05) using the help of a computer program. The results of this study indicate a relationship between the value of fruits and vegetables with knowledge of fruits and vegetables (p = 0.004) and there is a relationship between fruits and vegetables and fruits and vegetable consumption (p = 0.000).

 

Keywords : knowledge, availability of fruit and vegetables, consumption of fruit and vegetables

 

Downloads