GAMBARAN PENGETAHUAN DAN SIKAP TENTANG PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT PADA SISWA SEKOLAH DASAR GMIM WINEBETAN KECAMATAN LANGOWAN SELATAN

Authors

  • Valencia Kamu Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Ricky C. Sondakh Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Odi Pinontoan Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado

Abstract

Anak usia sekolah terutama sekolah dasar adalah suatu masa usia anak yang sangat berbeda dengan usia dewasa. Pada siswa sekolah dasar banyak permasalahan kesehatan yang dihadapi terkait dengan perilaku hidup bersih dan sehat yang belum diterapkan dengan baik. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat merupakan sebuah upaya untuk menularkan pengalaman mengenai pola hidup sehat melalui individu, kelompok ataupun masyarakat luas. Sikap dan pengetahuan siswa akan berpengaruh pada perilaku kesehatannya. Pengetahuan yang dimiliki serta sikap yang benar dalam penerapannya, akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang baik dan terhindar dari penyakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Gambaran Pengetahuan dan Sikap Tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Siswa Sekolah Dasar Gmim Winebetan. Dalam penelitian ini, variabel yang akan diteliti terdiri dari pengetahuan dan sikap siswa tentang perilaku hidup bersih dan sehat. Metode penelitian : Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif yang dilaksanakan di Sekolah Dasar Gmim Winebetan dengan jumlah sampel sebanyak 101 siswa. Dalam penelitian ini alat ukur yang digunakan adalah kuesioner. Hasil penelitian : Gambaran pengetahuan dan sikap tentang perilaku hidup bersih dan sehat pada siwa sekolah dasar Gmim Winebetan memiliki pengetahuan dan sikap baik, pengetahuan dengan presentase baik 86,1%, cukup dengan presentase sebanyak 12,9%, dan kurang dengan presentase sebanyak 1% sedangkan sikap baik sebanyak 96%, sikap yang cukup sebanyak 4% dan sikap yang kurang sebanyak 1% Kesimpulan : Pengetahuan dan Sikap siswa sekolah dasar Gmim Winebetan dikategorikan baik.

 

Kata Kunci : Pengetahuan, Sikap, Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Siswa Sekolah Dasar

 

ABSTRACT

School age children, especially elementary school, are a period of child age that is very different from adults. In elementary school students, many health problems are faced related to clean and healthy living habits that have not been implemented properly. Clean and Healthy Living Behavior is an effort to transmit experiences about healthy lifestyles through individuals, groups or the wider community. Students' attitudes and knowledge will affect their health behavior. The knowledge that is owned and the right attitude in its application will promote a good immune system and avoid disease. This study aims to determine the description of knowledge and attitudes about clean and healthy living behavior in Winebetan Gmim Elementary School students. In this study, the variables to be studied consisted of students' knowledge and attitudes about clean and healthy living behaviors. Research method: This research is a descriptive type of research carried out in Winebetan Gmim Elementary School with a total sample of 101 students. In this study, the measuring instrument used was a questionnaire. The results of the study: Description of knowledge and attitudes about clean and healthy living behavior in elementary school students Gmim Winebetan have good knowledge and attitudes, knowledge with a good percentage of 86.1%, enough with a percentage of 12.9%, and less with a percentage of 1%. while a good attitude is 96%, a sufficient attitude is 4% and a lacking attitude is 1% Conclusion: Knowledge and attitudes of Gmim Winebetan elementary school students are categorized as good.

 

Keywords : Knowledge, Attitude, Clean and healthy living behavior , Elementary school students

Downloads