HUBUNGAN ANTARA MUTU JASA PELAYANAN DENGAN KEPUASAN PASIEN PESERTA JAMINAN KESEHATAN NASIONAL DI INSTALAS RAWAT JALAN RUMAH SAKIT JIWA PROF. DR. V. L. RATUMBUYSANG

Authors

  • Prisilia K. Wurangian Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Febi K. Kolibu Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Ribka E. Wowor Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado

Abstract

Mutu jasa pelayanan kesehatan merupakan bagian terpenting dalam memberikan kepuasan bagi
pelanggan. Setiap orang yang sudah pernah mendapatkan pelayanan kesehatan yang sesuai dengan
kebutuhannya pasti akan kembali ke tempat yang sama karena adanya pengalaman yang memuaskan
yang telah di rasakan ataupun sudah diterima. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui hubungan
antara mutu jasa pelayanan dengan kepuasan pasien peserta JKN di Instalasi Rawat Jalan Rumah Sakit
Jiwa Prof. Dr. V. L. Ratumbuysang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif menggunakan
metode desain penelitian survei analitik dengan rancangan metode cross sectional study dan
dilaksanakan di Rumah Sakit Jiwa Prof. Dr. V. L. Ratumbuysang pada bulan November tahun 2020-
Februari tahun 2021. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 99 responden peserta JKN. Teknik
pengambilan sampel purposive sampling. Alat ukur penelitian ini menggunakan kuesioner. Analisis
bivariat menggunakan uji Chi Square dengan p = 0,05 dan tingkat kepercayaan 95% dengan
mempergunakan aplikasi atau program SPSS. Hasil penelitian diperoleh kehandalan (0,001),
ketanggapan (0,001), jaminan (0,000), empati (0,031), bukti fisik (0,001) yang berarti nilai p value <0,05
maka terdapat hubungan antara kehandalan, ketanggapan, jaminan, empati, bukti fisik dengan kepuasan
pasien peserta jaminan kesehatan nasional di instalasi rawat jalan Rumah Sakit Jiwa Prof. Dr. V. L.
Ratumbuysang.
Kata Kunci: Mutu Jasa Pelayanan, Kepuasan Pasien


ABSTRACT
The quality of health care services is the most important part in providing satisfaction for customers.
Patients or people who have received satisfactory health services will return to their previous health care
to obtain satisfactory health care standards according to their needs based on past experiences that have
been obtained. The purpose ofthisnelitian is to know theh ubungan between mutu jasa pelayanan with the
satisfaction ofjkn participants in the Outpatient Installation of The Mental Hospital Prof. Dr. V. L.
Ratumbuysang. This type of research is quantitative research using analytical survey research design
method with cross sectional study method design and has been conducted at Prof. Dr. V. L.
Ratumbuysang Mental Hospital in November 2020-February 2021. Sampel in this study as many as 99
respondents JKN participants. With purposive sampling techniques. This research measuring instrument
uses questionnaires. Bivariate analysis uses Chi Square test with p = 0.05 and 95% confidence level by
using SPSS application or program. The results of the study obtained reliability (0.001), answer (0.001),
guarantee (0.000), empathy (0.031), physical evidence (0.001) which means the value of p value <0.05
then there is a relationship between reliability, answer, assurance, empathy, physical evidence with
patient satisfaction of national health insurance participants in the outpatient installation of The Mental
Hospital Prof. Dr. V. L. Ratumbuysang.
Keyword: Quality of Service, Patient Satisfaction

Downloads