Hubungan antara Intensitas Kebisingan dengan Tekanan Darah dan Denyut Nadi pada Pekerja Industri Mebel di Desa Touliang Oki

Authors

  • Ceren Lendo Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Sri Seprianto Maddusa Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Sekplin Sekeon Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado

Abstract

Kebisingan adalah suara yang dapat menyebabkan gangguan pada kesehatan dan bunyi yang tidak diinginkan. Kebisingan yang memiliki intensitas tinggi bisa memicu meningkatnya tekanan darah dan denyut nadi.Kebisingan di desa Touliang Oki berasal dari alat-alat yang digunakan pekerja seperti mesin kompresor, mesin bor kayu dan mesin gergaji. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana hubungan antara kebisingan dengan tekanan darah dan denyut nadi pada pekerja di industri mebel di Desa Touliang Oki. Penelitian yang di lakukan menggunakan metode  survei analitik dengan pendekatan cross sectional. Subjek dalam penelitian adalah 60 responden.Instrumen penelitian adalah kuisioner, personal noise dosimeter, spigmomanometer. Untuk analisis data digunakan uji Chi-Square. Penelitian ini menunjukkan  hasil rata-rata intensitas kebisingan sebesar 86,8 dB. Dan  dari pengukuran tekanan darah diperoleh hasil tekanan darah tidak normal dimiliki oleh 51 responden dengan presetase 85,0% sedangkan tekanan darah normal dimiliki oleh 9 responden dengan presentase 15,0%. Hasil yang didapat dari pengukuran denyut nadi diperoleh bahwa sebanyak 55 responden (91,7%) memiliki denyut nadi yang tidak normal dan denyut nadi normal dimilikki oleh 5 responden (8,3%). Pada uji statistik menunjukkan adanya hubungan antara intensitas kebisingan dengan tekanan darah pada pekerja industri mebel di desa Touliang Oki dengan nilai p = 0,000 < 0,05 dan adanya hubungan antara intensitas kebisingan dengan denyut nadi pada pekerja industri mebel di desa Touliang Oki dengan nilai p = 0,000 < 0,05. Dari hasil yang diperoleh tersebut sebaiknya  disediakan  APT atau APD untuk melindungi para pekerja agar tidak terpapar  kebisingan ataupun debu juga untuk durasi kerja agar ridak melebihi 8 jam perhari.

 

Kata Kunci: Intensitas Kebisingan, Tekanan Darah, Denyut Nadi

 

ABSTRACT

Noise is sound that can cause health problems and unwanted sound. Noise that has a high intensity can trigger an increase in blood pressure and pulse rate. Noise in Touliang Oki village comes from tools used by workers such as compressor machines, wood drilling machines and saw machines. The purpose of this study was to find out how the relationship between noise and blood pressure and pulse rate among workers in the furniture industry in Touliang Oki Village. The research was conducted using an analytical survey method with a cross sectional approach. The subjects in this study were 60 respondents. The research instruments were a questionnaire, personal noise dosimeter, and sphygmomanometer. For data analysis used Chi-Square test. This study shows that the average noise intensity is 86.8 dB. And from the measurement of blood pressure, the results of abnormal blood pressure were owned by 51 respondents with a percentage of 85.0% while normal blood pressure was owned by 9 respondents with a percentage of 15.0%. The results obtained from pulse measurement showed that as many as 55 respondents (91.7%) had an abnormal pulse and a normal pulse was owned by 5 respondents (8.3%). The statistical test shows that there is a relationship between noise intensity and blood pressure in furniture industry workers in Touliang Oki village with a p value = 0.000 <0.05 and a relationship between noise intensity and pulse rate in furniture industry workers in Touliang Oki village with a p value = 0.000 < 0.05. From the results obtained, it is better to provide APT or PPE to protect workers from being exposed to noise or dust as well as for the duration of work so that it does not exceed 8 hours per day..

 

Keywords: Noise Intensity, Blood Pressure, Pulse

                                                                   

 

Downloads