Gambaran Tingkat Kelelahan Kerja Gilir Pagi dan Sore pada Pekerja di PT. Cahaya Abadi Lestari Proyek Pembangunan Jalan dan Jembatan Manado Ringroad 3

Authors

  • Ni Made Aurellia Gratcia Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Rahayu H. Akili Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado
  • Afnal Asrifuddin Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Sam Ratulangi Manado

Abstract

Pembangunan infrastruktur konstruksi jalan yang merupakan tempat kerja yang cukup berisiko pada keselamatan dan kesehatan pekerja menjadi salah satu penyebab pekerja mengalami kelelahan kerja yang berdampak pada kesehatan mereka. Hal tersebut terjadi karena jam kerja serta beban kerja yang dialami oleh setiap pekerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran kelelahan kerja pada pekerja gilir pagi dan sore pada pekerja di PT. Cahaya Abadi Lestari Proyek Pembangunan Jalan dan Jembatan Manado Ringroad 3 dengan menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Sampel dari penelitian ini berjumlah 82 orang yang merupakan total populasi pekerja. Pengolahan data yang dilakukan yakni analisis univariat untuk mendeksripsikan frekuensi distribusi kelelahan kerja pada pekerja. Hasil dari penelitian ini didapatkan bahwa ada sebanyak 9 orang mengalami kelelahan kerja rendah, 29 orang mengalami kelelahan kerja sedang, dan 3 orang mengalami kelelahan kerja tinggi pada gilir pagi. Sedangkan untuk gilir sore, didapati bahwa ada sebanyak 12 orang yang mengalami kelelahan kerja rendah, 22 orang mengalami kelelahan kerja sedang, dan 7 lainnya mengalami kelelahan kerja yang dikategorikan tinggi.

 

Kata Kunci: Kelelahan kerja, gilir pagi, gilir sore.

 

ABSTRACT

The development of road construction infrastructure which is a workplace that poses a risk to the safety and health of workers become a factor of work exhaustion that is experienced by the workers and has an impact on health aspects. It happens because due to the operational hours and workload experienced by each worker. The purpose of this study was to describe the work exhaustion for the morning shift as well as the night shift workers at PT. Cahaya Abadi Lestari Proyek Pembangunan Jalan dan Jembatan Manado Ringroad 3 with descriptive quantitative methods. The sample of this study amounted to 82 people which are the total population. Data processing carried out is a univariate analysis to describe the frequency distribution of work exhaustion on workers. The results of this study showed that as many as 9 people were experiencing low work exhaustion, 29 people experiencing moderate work exhaustion, and 3 people experiencing high work exhaustion in the morning shift. As for the afternoon shift, it was found that 12 people experienced low work exhaustion, 22 people experienced moderate work exhaustion, and 7 others experienced high work exhaustion.

 

Keywords: Work Exhaustion, Morning Shift, Night Shift

Downloads