Hubungan Antara Kebiasaan Bermain Game Online dan Dukungan Keluarga dengan Motivasi Belajar pada Siswa di SMP Negeri 1 Tumpaan Kabupaten Minahasa Selatan
Abstract
WHO menyebutkan bahwa gaming disorder dikelompokkan yang kedalam ICD-11 atau (International Classification of Diseases). Tidak hanya berdampak pada kesehatan, tapi juga berdampk pada motivasi belajar. Remaja yang telah kecanduan dengan permainanini akan cenderung menghabiskan waktunya dengan bermain game online dibanding belajar. Dalam mengatasi remaja yang mempunyai motivasi belajar yangkurangbisa dimulai melalui lingkup keluarga karena keluarga merupakan sosok yang paling penting untuk kehidupan setiap anak. Penelitianini bertujuanuntuk mengetahui apakah ada hubungan antara kebiasaan bermain game online dan dukungan keluarga dengan motivasi belajar pada siswa di SMP Negeri 1 Tumpaan. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif analitik. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 178 siswa. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan agustus 2021-april 2022dan berlokasi di SMP
Negeri 1 Tumpaan Kabupaten Minahasa Selatan.Pengambilan data menggunakkan kuesioner yang dibagikan langsung oleh peneliti. Penelitian ini menggunakkan analisis univariat dananalisis bivariat. Pengolahan data menggunakkan uji chisquare test. Temuan: 1) Ada hubungan antara kebiasaan bermain game online dengan motivasi belajar pada siswa di SMP Negeri 1 Tumpaan, dengan p-value yang didapatkan adalah 0,003. 2) Ada hubungan antara dukungan keluarga dengan motivasi belajar pada siswa di SMP Negeri 1 Tumpaan, dengan p-value yang didapatkan adalah 0,000.