Analysis of Marketing Strategy of Freshwater Ornamental Fish Business in Bandung City, West Java Province

Authors

  • Louise David Haganta Padjadjaran University
  • Atikah Nurhayati
  • Evi Liviawaty
  • Iwang Gumilar

DOI:

https://doi.org/10.35800/jip.v12i2.55236

Keywords:

Analisis SWOT, Ikan Hias Air Tawar, Strategi Pemasaran

Abstract

The purpose of this study is to analyze appropriate marketing strategies that can be applied to the freshwater ornamental fish business in Bandung City. The research will be conducted in a time frame and location from March to April 2024 in Bandung City. The analysis method used is SWOT analysis. The initial stage involves the analysis of internal factors (IFAS) and external factors (EFAS). Next, perform the calculation of the IFE EFE matrix and the formulation of marketing strategies using the grand strategy matrix. Based on the results of the analysis, both internal factors and external factors each have 5 factors. Strengths include Good quality ornamental fish, strategic location, affordable prices, a large selection of fish species, and comfortable and clean stores. Weaknesses include hampered marketing activities, promotion has not been maximized, fish dying from the disease, do not update on social media, and unsatisfactory service. Opportunities include the trend of ornamental fish, the number of ornamental fish suppliers being relatively large, supportive government policies, consumer confidence in products, and ornamental fish as a hobby or decoration. Threats include changes in consumer tastes, increasingly fierce business competition, price games from competitors, the entry of ornamental fish from abroad, and a lack of market information. The results of the grand strategy matrix analysis show that the position of the X-axis (0.48) and the Y-axis (0.42) is in quadrant I, so the right strategy that can be applied is an aggressive strategy (SO) which means utilizing strengths and opportunities. S-O strategies that can be applied include maintaining and improving the quality of ornamental fish, increasing the number of different types of ornamental fish, setting prices that can be reached by consumers, expanding ornamental fish business premises, and arranging and maintaining the cleanliness of business premises.

Keywords: SWOT analysis; Freshwater ornamental fish; Marketing strategy.

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis strategi pemasaran yang tepat yang dapat diterapkan pada usaha ikan hias air tawar di Kota Bandung. Waktu dan lokasi penelitian dilakukan pada bulan Maret sampai bulan April 2024 di Kota Bandung. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis SWOT. Tahap pertama dengan melakukan analisis faktor internal (IFAS) dan faktor eksternal (EFAS). Berikutnya melakukan perhitungan matriks IFE EFE dan perumusan strategi pemasaran menggunakan matriks grand strategi. Berdasarkan hasil analisis faktor internal dan faktor eksternal masing-masing memiliki 5 faktor. Kekuatan meliputi Kualitas ikan hias baik, lokasi strategis, harga yang terjangkau, banyak pilihan jenis ikan, dan toko yang nyaman dan bersih. Kelemahan meliputi Kegiatan pemasaran terhambat, promosi belum maksimal, ikan mati karena penyakit, tidak update dimedia sosial, pelayanan yang tidak memuaskan. Peluang meliputi Tren ikan hias mengalami peningkatan, jumlah pemasok ikan hias relatif banyak, kebijakan pemerintah yang mendukung, kepercayaan konsumen terhadap produk, dan ikan hias sebagai hobi ataupun hiasan. Ancaman meliputi perubahan selera konsumen, persaingan bisnis semakin ketat, permainan harga dari pesaing, masuknya ikan hias dari luar negeri, dan kurangnya informasi pasar. Hasil dari analisis matriks grand strategi menunjukkan posisi sumbu X (0,48) dan sumbu Y (0,42) berada pada kuadran I, maka strategi yang tepat yang dapat diterapkan adalah strategi agresif (SO) yang berarti memanfaatkan kekuatan (strength) dan peluang (opportunities). Strategi SO yang dapat diterapkan antara lain Mempertahankan dan meningkatkan kualitas ikan hias, menambah jumlah jenis ikan hias yang berbeda, menetapkan harga yang dapat dijangkau oleh konsumen, memperluas tempat usaha ikan hias, serta menata dan menjaga kebersihan tempat usaha.

Kata Kunci: Analisis SWOT; Ikan hias air tawar; Strategi pemasaran.

Author Biographies

Atikah Nurhayati

Penulis kedua

Evi Liviawaty

Penulis kedua

Iwang Gumilar

Penulis kedua

References

- Avianti, E., Nurhayati, A., & Handaka, A. A. (2017). Analisis Pemasaran Ikan Neon Tetra (Paracheirodon Innesi) Studi Kasus di Kelompok Pembudidaya Ikan Curug Jaya II (Kecamatan Bojongsari, Kota Depok Jawa Barat). Jurnal Perikanan Kelautan, 8(1).

- Ameliany, N., Ritonga, N., & Nisak, H. (2022). Strategi Pemasaran Budidaya Ikan Lele pada UD Karya Tani di Kota Lhoksuemawe. Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah), 5(2), 1527-1534.

- Bagaskara, W. G., & Anasrulloh, M. (2023). Strategi Pemasaran Online (Digital Marketing) Guna Meningkatkan Penjualan Ikan Hias Cupang di Sumde Cupang Tulungagung. Jurnal Economina, 2(7), 1653-1665.

- Buchari, Achmad, & Eka Nurcahya. 2021. Pengembangan Strategi Pemasaran Melalui Digitalisasi Pada Era New Normal Di Kelurahan Kebon Baru Kota Cirebon. Sawala: Jurnal pengabdian Masyarakat Pembangunan Sosial, Desa dan Masyarakat.2(1): 56.

- Beu, N. S., Moniharapon, S., & Samadi, R. L. (2021). Analisis Strategi Bauran Pemasaran Terhadap Penjualan Ikan Kering Pada UMKM Toko 48 Pasar Bersehati Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 9(3), 1530-1538.

- Dimas Hendika Wibowo, & Z. A. (2015). Analisis Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Daya Saing UMKM (Studi pada Batik Diajeng Solo). Jurnal Administrasi Bisnis, 29(1), 59–66.

- Faradilla, M., & Hutasuhut, J. (2022). Analisis Strategi Pemasaran pada Usaha Budidaya Ikan Lele di Desa Pekan Tanjung Beringin Kecamatan Tanjung Beringin Kabupaten Serdang Bedagai. Jurnal Riset Manajemen Dan Akuntansi, 2(2), 85-97.

- Faturohman, F., Nurhayati, A., & Gumilar, I. (2016). Analisis Strategi Pengembangan Usaha Pembesaran Ikan Mas Di Kecamatan Banjar Kabupaten Pandeglang. Jurnal Perikanan Kelautan, 7(2).

- Faridah, N., Nurhayati, A., Rizal, A., & Suryana, A. A. H. (2022). E-Commerce Based Marketing Strategy Of Seaweed Processed Products Of Aulia Sari Bandung, West Java.

- Kementerian Kelautan dan Perikanan. (2022). Produksi Ikan Hias di Indonesia tahun 2019 – 2022. Jakarta, Kementerian Kelautan dan Perikanan.

- Kementerian Kelautan dan Perikanan. (2022). Produksi Ikan Jawa Barat tahun 2022. Jakarta, Kementerian Kelautan dan Perikanan.

Novianti, R.K., Roz, Kenny, Sa’diyah, Chalimatuz (2021). Pendampingan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran Usaha Budidaya Lele. Jurnal Aplikasi Dan Inovasi Ipteks SOLIDITAS., 4(2): 187-193. ISSN Cetak: 2620-5076 ISSN Online: 2620- 5068.

- Nugroho, B. D., Hardjomidjojo, H., & Sarma, M. (2018). Strategi Pengembangan Usaha Budidaya Ikan Konsumsi Air Tawar dan Ikan Hias Air Tawar pada Kelompok Mitra Posikandu Kabupaten Bogor. MANAJEMEN IKM: Jurnal Manajemen Pengembangan Industri Kecil Menengah, 12(2), 127.

- Novia, N., & Radjagukguk, D. L. (2020). Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu PT Adop Indo Lestari Dalam Meningkatkan Kerjasama Dengan Publisher. Syntax Literate; Jurnal Ilmiah Indonesia, 5(9), 894–906.

- Oktaviandi, R. (2020). Analisis Strategi Pemasaran Ikan pada Kelompok Tani Sugoi’s Kabupaten Sukabumi. Jurnal Syntax Idea. Universitas Muhammadiyah Sukabumi. 2(10), 827-836.

- Rifaldi, R. F., Nurhayati, A., Suryana, A. A. H., & Maulina, I. (2023). Strategi Pemasaran Hasil Olahan Ikan Lele Studi Kasus Di Ukm CV. Adisyafidz Barokah Kabupaten Bandung: Marketing Strategy Of Processed Catfish Case Study In Ukm CV. Adisyafidz Barokah Bandung Regency. JFMR (Journal of Fisheries and Marine Research), 7(2), 1-13.

- Rohmah, Beki. 2016. Manajemen Pemasaran Berbasis Etika Bisnis Islam di Rumah Batik Anto Djamil Sokaraja Banyumas. Purwokerto: Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Purwokerto.

- Suryana, A. A. H., Riyantini, I., Nurhayati, A., & Paramartha, G. A. (2023). Analisis Finansial dan Business Model Canvas Usaha Produksi Abon Ikan Cakalang (Katsuwonus pelamis). Akuatika Indonesia, 8(1), 40-50.

- Sofjan Assauri. (2015). Manajemen Pemasaran. (Dasar, Konsep, Strategi), Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada, 2015), 168-169.

- Ubaidillah et al. (2023). Financial Feasibility Analysis Of Koi Fish Sales Business In Java Koi Center, Cimahi City, West Java. AQUASAINS (Jurnal Ilmu Perikanan dan Sumber Daya Perairan FP Unila). Vol 11 No.2.

Downloads

Published

2024-06-14

How to Cite

Haganta, L. D., Nurhayati, A., Liviawaty, E., & Gumilar, I. (2024). Analysis of Marketing Strategy of Freshwater Ornamental Fish Business in Bandung City, West Java Province. Jurnal Ilmiah PLATAX, 12(2), 1–12. https://doi.org/10.35800/jip.v12i2.55236