Pemberdayaan Siswa Sekolah Dasar Melalui Inventarisasi dan Konservasi Mangrove Di Desa Palaes, Likupang Barat, Sulawesi Utara

Authors

  • Roni Koneri Program Studi Biologi, Jurusan Biologi FMIPA Universitas Sam Ratulangi, Manado
  • Pience Maabuat Program Studi Biologi, Jurusan Biologi FMIPA Universitas Sam Ratulangi, Manado

DOI:

https://doi.org/10.35801/tsss.v5i1.50446

Abstract

Hutan mangrove yang terletak di pesisir Pantai Desa Palaes, Kecamatan Likupang Barat, Minahasa Utara merupakan suatu kawasan memiliki peran yang sangat penting baik dari segi ekologi maupun ekonomi. Kelestarian hutan mangrove pada kawasan ini sangat tergantung kepada masyarakat yang tinggal di sekitar kawasan mangrove dan beraktivitas di pesisir pantai. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan keterampilan mitra dalam inventarisasi dan konservasi mangrove. Mengubah perilaku masyarakat terhadap mangrove dan mengelola mangrove dengan baik sehingga memberikan manfaat ekologi dan ekonomi bagi masyarakat. Metode pelaksanaan menggunakan pendekatan partisipatif yaitu melalui ceramah, diskusi, pelatihan, pembinaan, evaluasi, pendampingan dan monitoring. Hasil menunjukkan terjadi peningkatan pengetahuan, pemahaman, keterampilan dan sikap peserta dalam inventarisasi dan konservasi mangrove. Hasil kegiatan ini diharapkan terjaganya konservasi hutan mangrove di sepanjang Pesisisr Pantai Desa Palaes. Sehingga hutan mangrove pada Kawasan tersebut dapat terjaga fungsi ekologi dan manfaat ekonominya serta dapat dijadikan sebagai destinasi ekowisata

Downloads

Published

2023-04-28

How to Cite

Koneri, R., & Maabuat, P. (2023). Pemberdayaan Siswa Sekolah Dasar Melalui Inventarisasi dan Konservasi Mangrove Di Desa Palaes, Likupang Barat, Sulawesi Utara. The Studies of Social Sciences, 5(1), 26–36. https://doi.org/10.35801/tsss.v5i1.50446