Pemberdayaan Siswa Sekolah Dasar Melalui Inventarisasi dan Konservasi Mangrove Di Desa Palaes, Likupang Barat, Sulawesi Utara
DOI:
https://doi.org/10.35801/tsss.v5i1.50446Abstract
Hutan mangrove yang terletak di pesisir Pantai Desa Palaes, Kecamatan Likupang Barat, Minahasa Utara merupakan suatu kawasan memiliki peran yang sangat penting baik dari segi ekologi maupun ekonomi. Kelestarian hutan mangrove pada kawasan ini sangat tergantung kepada masyarakat yang tinggal di sekitar kawasan mangrove dan beraktivitas di pesisir pantai. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, pemahaman dan keterampilan mitra dalam inventarisasi dan konservasi mangrove. Mengubah perilaku masyarakat terhadap mangrove dan mengelola mangrove dengan baik sehingga memberikan manfaat ekologi dan ekonomi bagi masyarakat. Metode pelaksanaan menggunakan pendekatan partisipatif yaitu melalui ceramah, diskusi, pelatihan, pembinaan, evaluasi, pendampingan dan monitoring. Hasil menunjukkan terjadi peningkatan pengetahuan, pemahaman, keterampilan dan sikap peserta dalam inventarisasi dan konservasi mangrove. Hasil kegiatan ini diharapkan terjaganya konservasi hutan mangrove di sepanjang Pesisisr Pantai Desa Palaes. Sehingga hutan mangrove pada Kawasan tersebut dapat terjaga fungsi ekologi dan manfaat ekonominya serta dapat dijadikan sebagai destinasi ekowisata
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Manuscripts published in print and electronically are open access for the purposes of education, research, and libraries. Apart from these purposes, the editorial board is not responsible for violations of copyright law.