Pengaruh atribut kemasan terhadap minat beli Cimory Yoghurt Squeeze pada konsumen Golden Pasar Swalayan Manado

Authors

  • Jolanda K J Kalangi Fakultas Peternakan Unsrat
  • Miguel Baring
  • Herman Tiwow

DOI:

https://doi.org/10.35792/zot.44.1.2024.55804

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh atribut kemasan (warna, gambar, dan huruf/tipografi) terhadap minat beli konsumen Cimory Yoghurt Squeeze di Golden Pasar Swalayan Manado. Penelitian ini dilaksanakan pada April 2023 sampai Mei 2023 dengan menggunakan metode survey. Metode penentuan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teknik nonprobability sampling dengan metode sampling incidental. Responden dalam penelitian ini yaitu semua konsumen yang datang ke Golden Pasar Swalayan dalam kurun waktu satu bulan sesudah pembelian Cimory Yoghurt Squeeze. Responden yang dikumpulkan sebanyak 60 pembeli. Model analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda yang sebelumnya ditabulasi menggunakan skala Likert. Pengujian variable menggunakan uji F dan uji t. Analisis data dilakukan dengan menggunakan software program SPSS versi 22 for windows. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu atribut warna, atribut gambar, dan atribut huruf/tipografi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa total pembeli sebagai responden terbanyak yaitu wanita 40 orang (66,67%) dan pria 20 orang (33,33%).  Pembeli berusia 15-27 Tahun yang terbanyak yaitu 93% terdiri dari wanita 66,07 % dan pria 33,93%. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa atribut kemasan (warna, gambar, dan huruf/tipografi) secara simultan berpengaruh nyata terhadap minat beli konsumen CimoryYogurt Squeeze di Golden Pasar Swalayan Manado.

Downloads

Published

2024-05-27

Issue

Section

Articles