PENGARUH MARKETING MIX (7P) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN PADA PT. HALAL NETWORK INTERNATIONAL (STUDI KASUS MASYARAKAT DESA HARAPAN MAKMUR SELATAN)
DOI:
https://doi.org/10.35794/jmbi.v9i3.44298Abstract
ABSTRACT. This study aims to determine the effect of marketing mix on consumer purchasing decisions at PT. Halal Network International. This study uses a quantitative approach. The total population is 1,225 respondents with a tolerance limit of 10% which is calculated using the slovin formula, so a total sample of 100 respondents is obtained, with the sample collection technique using random sampling. Data collection was carried out by providing a list of questions to respondents, namely the Harapan Makmur Selatan Village Community. The analysis technique in this study uses multiple linear regression analysis techniques. The variables in this study consist of the independent variable, namely the marketing mix (7P), and the dependent variable, namely the purchase decision. The results showed that the variable product, price, place, promotion, physical evidence, and process partially had a significant positive effect on consumer purchasing decisions, but the people variable partially had no significant effect on consumer purchasing decisions. The results of the study simultaneously showed that product, price, place, promotion, people, physical evidence, and process have a significant positive effect on consumer purchasing decisions.
ABSTRAK. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh marketing mix terhadap keputusan pembelian konsumen pada PT. Halal Network International. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jumlah populasi sebanyak 1.225 responden dengan batas toleransi sebesar 10% yang dihitung dengan rumus slovin maka di peroleh jumlah sampel sebanyak 100 responden, dengan teknik pengumpulan sampel menggunakan random sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan cara memberikan daftar pertanyaan kepada responden yaitu Masyarakat Desa Harapan Makmur Selatan. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi linear berganda. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu marketing mix (7P), dan variabel terikat yaitu keputusan pembelian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel product, price, place, promotion, physical evidence, dan process secara persial berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen, namun variabel people secara persial tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen.Hasil penelitian secara simultan menunjukkan bahwa product, price, place, promotion, people, physical evidence, dan process berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen.
References
Alas, R., Übius, U., Lorents, P., & Matsak, E. (2017). Corporate Social Responsibility In European And Asian Countries. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Inovasi (JMBI) UNSRAT Vol. 4 No. 1
Amalita, R., & Rahma, T. I. F. (2022). Pengaruh Kemudahan, Kualitas Produk, Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Di Marketplace Facebook Pada Mahasiswa/I Uinsu Dengan Structural Equation Modeling. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi (Jmbi Unsrat), 9(2), 593–604. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jmbi/article/view/43166%0Ahttps://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jmbi/article/download/43166/38036
Andri, R. tri wahyudi. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Menggunakan Jasa Pt. Pos Indonesia (Persero) Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 1, 3–8.
Barcelona, O., Tumbel, T. M., & Kalangi, J. A. F. (2019). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Pada CV. Justiti Motor Lembata. Jurnal Administrasi Bisnis, 8(2), 34. https://doi.org/10.35797/jab.8.2.2019.23560.34-42
Caroline, E., Santoso, I., & Deoranto, P. (2021). Pengaruh Marketing Mix (7P) Dan Perilaku Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Healthy Food Bar Di Malang. Jurnal Manajemen Pemasaran, 15(1), 10–19. https://doi.org/10.9744/pemasaran.15.1.10-19
Dwinanda, G. (2019). Jurnal Mirai Management Jurnal Mirai Management. Jurnal Mirai Managemnt, 4(2), 122–136. https://journal.stieamkop.ac.id/index.php/mirai
Hartawan, E., Liu, D., Handoko, M., Evan, G., & Widjojo, H. (2021). Pengaruh Iklan Di Media Sosial Instagram Terhadap Minat Beli Masyarakat Pada E-Commerce. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 8(1). https://doi.org/10.35794/jmbi.v8i1.33853
Hurriyati, R. (2015). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen (4th ed.). CV. Alfabeta.
Ismanto, W., Munzir, T., Tanjung, R., Lestari, L., & Ashari, E. (2022). Pengaruh Marketing Mix (7p) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Online Dapurdep. Dimensi, 11, 200–210. https://www.journal.unrika.ac.id/index.php/jurnaldms
Jutisa, D. D., Widodo, J., & Wahyuni, S. (2018). Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Pengambilan Keputusan Menggunakan Jasa Bimbingan Belajar Primagama. JURNAL PENDIDIKAN EKONOMI: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi Dan Ilmu Sosial, 12(2), 214. https://doi.org/10.19184/jpe.v12i2.8507
Kotler, P., & Keller, K. L. (2015). Manajemen Pemasaran. Bandung: Erlangga.
Laksana, F. (2017). Manajemen Pemasaran Pendekatan Praktis (1st ed.). Graha Ilmu.
Lemy, D. M., Bernarto, I., & Tulung, J.E. (2013). Pengaruh Bauran Komunikasi Pemasaran Jasa Terhadap Proses Pengambilan Keputusan Mahasiswa Memilih Perguruan Tinggi Swasta di Sulawesi Utara. Jurnal Manajemen: Derema
Loekito, M., Irawan, C., Nugroho, A., & Kartika, E. W. (2014). Analisis pengaruh marketing mix (7P) terhadap Keputusan Pembelian. (studi pada Folks! Coffee Shop and Tea House Surabaya). Jurnal Hospitality Dan Manajemen Jasa, 2(1), 86–100. http://publication.petra.ac.id/index.php/manajemen-perhotelan/article/view/1455
Lupiyoadi, R. (2014). Manajemen Pemasaran Jasa Berbasis Kompetensi (3rd ed.). Salemba Empat.
Muharri, M. N., & Rahmat, M. (2021). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Pt . Health Wealth International ( Studi Kasus Masyarakat Desa Marindal I Kec . Patumbak Kab . Deli Serdang ). 6, 25–36.
Mutia, F. G., Lubis, F. A., Syarvina, W., Islam, U., & Sumatera, N. (2023). ManBiz : Journal of Management & Business ManBiz : Journal of Management & Business. 2, 122–133. https://doi.org/10.47467/manbiz.v2i2.1881
Panjaitan, E., Sinulingga, S., & Wibowo, R. P. (2019). The Effect of Marketing Mix on Consumer Purchase Decision on Bright Gas Product in Medan ( Study in PT Pertamina ( Persero ) Marketing Operation Region I ). International Journal of Research and Review, 6(October), 205–212. https://www.ijrrjournal.com/IJRR_Vol.6_Issue.10_Oct2019/IJRR0029.pdf
Panjaitan, H. P., & Handoko, W. (2017). Analisis Pengaruh Marketing Mix 7P (Product,Price,Place,Promotion,Physical Evidence,People,Process) Terhadap Keputusan Pembelian Banner Pada CV. Apple Print. Jurnal Ilmiah Manajemen, 5(4), 476–486.
Porwani, S., & Rochmawati, B. (2021). Strategi Pemasaran Produk Halal Network International Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada Pt. Herba Penawar Alwahida Indonesia Cabang Palembang 2. Adminika, 7(1), 63–80.
Romadhon, Fauzi Ahmad & Nawawi, Z. M. (2022). Analisis Strategi Marketing Mix Dalam Meningkatkan Pengiriman Barang dan Jasa: Studi pada PT. JNE Express Cabang Patumbak. Economic Reviews Journal, 1(2), 96–108.
Siregar, F. R., & Imsar, I. (2022). Implementasi Marketing Mix dalam Meningkatkan Konsumen pada Cafe Hidden Tea (Perspektif Etika Bisnis Islam). Jurnal Pendidikan Tambusai, 6, 16363–16370. https://www.jptam.org/index.php/jptam/article/view/5004%0Ahttps://www.jptam.org/index.php/jptam/article/download/5004/4251
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. CV. Alfabeta.
Tirtayasa, S., & Daulay, Y. A. (2021). Pengaruh Marketing Mix Terhadap Kinerja Pemasaran Industri Kecil Menengah Sektor Kontruksi Bengkel Las di Moderasi Kebijakan Pemerintah Pada Masa Pandemi Covid 19. MANEGGIO : Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, 4(1), 106–122.
Trihastuti, Aselina Endang, S.I.Kom., M. B. A. (2020). Manajemen Pemasaran Plus++. Deepublish.
Yuliara, I. M. (2016). Regresi linier berganda 1. Journal Article, 1–6. http://www.mendeley.com/research/regresi-linier-berganda-1/
Zeithaml, Valarie A, & B. (2016). Services Marketing Integrating Customer Focus Across The Firm (3rd ed.). Mc GrawHill.