ANALISIS STRATEGI BLUE OCEAN “PT HANJAYA MANDALA SAMPOERNA TBK”
DOI:
https://doi.org/10.35794/jmbi.v11i1.53827Abstract
Abstract. This research aims to analyze the blue ocean strategy at PT Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk. The amount of competition and government policies pose challenges to companies operating in the cigarette industry. PT Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk as one of the market leaders continues to innovate to answer market needs. Existing strategies will be further developed so they can compete in new markets. The method in this research uses surveys and literature studies to understand, research and learn about the strategies used by PT Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk. The research results show that the blue ocean strategy can increase service user satisfaction, create new market segments, and provide completeness for products and services from PT Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk. Implementation of the strategy will provide positive benefits for cigarette companies to be more competitive in new markets and become a sustainable business. Therefore, it is hoped that this research can contribute to understanding and implementing the blue ocean strategy in cigarette companies in Indonesia
Abstrak. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi blue ocean pada PT Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk. Besarnya persaingan serta kebijakan-kebijakan pemerintah memberi tantangan pada Perusahaan yang bergerak pada industri rokok. PT Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk sebagai salah satu market leader terus berinovasi untuk menjawab kebutuhan pasar.Strategi-strategi yang sudah ada akan lebih dikembangkan sehingga dapat berkompetisi pada pasar yang baru. Metode dalam penelitian ini menggunakan survei dan studi literatur untuk memahami, meneliti, dan mempelajari mengenai strategi-strategi yang digunakan oleh PT Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi blue ocean dapat meningkatkan kepuasan pengguna layanan, membuat segmen pasar yang baru, dan memberikan kelengkapan bagi produk dan layanan dari PT Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk. Implementasi strategi yang dilakukan akan memberikan keuntungan positif bagi Perusahaan rokok untuk lebih berkompetitif pada pasar yang baru dan menjadi bisnis yang berkelanjutan. Oleh karena itu, penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam memberikan pemahaman dan penerapan dari strategi blue ocean pada Perusahaan rokok di Indonesia.
References
Aflaha, A. 2022. Siapa Paling Cuan? https://www.cnbcindonesia.com/market/20220622094027-17-349207/dari-daftar-5-emiten-rokok-ini-siapa-paling-cuan
Alas, R., Übius, U., Lorents, P., & Matsak, E. (2017). Corporate Social Responsibility In European And Asian Countries. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Inovasi (JMBI) UNSRAT Vol. 4 No. 1
Ande, D.F. 2018. PT. HM. Sampoerna Tbk and Its Strategies Becoming a Market Leader Since 2006. Jurnal Ekonomika dan Manajemen 7(1)
Annual Report PT Bentoel Internasional Investama Tbk. Tahun 2021
Annual Report PT Hanjaya Mandala Sampoerna Tbk. Tahun 2021
Annual Report PT Perusahaan Rokok Tjap Gudang Garam Tbk. Tahun 2021
Indriani. 2022. Pandemi tingkatkan kesadaran untuk berolahraga dan gaya hidup sehat www.antaranews.com. Diakses pada 26 Desember 2022. https://www.antaranews.com/berita/2481017/pandemi-tingkatkan-kesadaran-untuk-berolahraga-dan-gaya-hidup-sehat#mobile-nav
Jayani, D.H. 2022. “Tren Kenaikan Cukai Rokok, 2020 Catat Kenaikan Tertinggi” www. databoks.katadata.co.id. Diakses pada 26 Desember 2022. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/09/16/tren-kenaikan-cukai-rokok-2020-catat-kenaikan-tertinggi
Karunia, A.M. “Kinerja Emiten GGRM dan HMSP Merosot Konsultan Khawatir Rokok Murah Bakal Merajalela”www.kompas.com. Diakses pada 26 Desember 2022. https://money.kompas.com/read/2022/05/18/173159726/kinerja-emiten-ggrm-dan-hmsp-merosot-konsultan-khawatir-rokok-murah-bakal?page=all
Kim, W.C. & Renee Mauborgne. Blue Ocean Strategy. HBSP, Boston, 2005
Lee, C.W & Taufiqquddin Ande. 2022. “Supply Chain Management Of Pt Hm Sampoerna Indonesia” Jurnal. Interdisciplinary Social Studies
Mutiah, Dinny. “Kerap Dibuang Sembarangan, Sampah Puntung Rokok Ternyata Termasuk Limbah B3” www.liputan6.com. Diakses pada 3 Januari 2023. https://www.liputan6.com/lifestyle/read/4978698/kerap-dibuang-sembarangan-sampah-puntung-rokok-ternyata-termasuk-limbah-b3
Tulung, J.E. (2017). "Resource Availability and Firm’s International Strategy as Key Determinants of Entry Mode Choice." Jurnal Aplikasi Manajemen 15(1)
Tulung, J. E. (2010). Global Determinants of Entry Mode Choice. Journal of Indonesian Economy and Business, 25(2), 155-169.