STRATEGI KAWANUA TV DALAM MENINGKATKAN EKSISTENSINYA SEBAGAI TELEVISI LOKAL
Abstract
Kehadiran Kawanua TV sebagai televisi lokal baru dan termuda di Kota Manado, menghadapi tantangan yang tidak ringan untuk meningkatkan eksistensinya. Dari prasurvei yang dilakukan oleh peneliti, diketahui bahwa hanya sebagian kecil dari masyarakat kota Manado yang tahu atau menonton Kawanua TV. Tantangan peningkatan eksistensi tersebut tidak hanya datang dari luar, tetapi dari dalam pun ada masalah yang ditemukan. Sehingga untuk meningkatkankan eksistensinya dalam industri penyiaran lokal, Kawanua TV harus melakukan berbagai strategi untuk dapat meningkat dan berkembang. Teori yang digunakan adalah Teori Agenda-Setting dengan menggunakan analisa SWOT. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Hasil penelitian menemuka bahwa strategi yang dilakukan Kawanua TV, melalui analisis SWOT maka yang paling menonjol adalah peluang (opportunities). Karena Kawanua TV merupakan televisi lokal baru dan saat ini baru memasuki tahun ke dua jadi sangat besar peluang untuk lebih meningkat dan berkembang menjadi televisi yang lebih besar.
Kata kunci: Strategi, Eksistensi, Televisi Lokal