PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG BERITA ONLINE DI SURAT KABAR SINDO (STUDI PADA MASYARAKAT DI KELURAHAN KOMBOS TIMUR KEC. SINGKIL KOTA MANADO)

Authors

  • Feiderina Retna Dalegi
  • Elfie Mingkid
  • Sintje Rondonuwu

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masyarakat di salah satu wilayah yang ingin membaca atau yang ingin mengetahui informasi-informasi (berita) yang sedang terjadi sangat sulit mereka ketahui dikarenakan tempat penjualan koran diwilayah tersebut terbilang jauh atau susah untuk dijangkau. Oleh karena itu masyarakat berpaling ke internet karena lewat internet masyarakat bisa dengan mudahnya mengakses website-website berita untuk mereka baca di mana pun mereka berada. Berbicara tentang website berita di Indonesia khususnya di Manado terdapat website berita surat kabar Sindo, untuk versi onlinenya masyarakat belum banyak yang mengetahui kalau surat kabar Sindo sudah mempunyai website khusus untuk surat kabar sindo dan kebanyakan masyarakat hanya mengetahui surat kabar Sindo versi media cetaknya saja. Mengenai hal tersebut,  muncul keinginan untuk melakukan penelitian tentang bagaimana persepsi masyarakat tentang berita online di surat kabar Sindo studi pada masyarakat di Kelurarahan Kombos Timur Kec. Singkil Kota Manado. Metode yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif yaitu mencari atau meneliti hubungan antara variabel-variabel. Pada umumnya tujuan utama penelitian deskriptif adalah untuk menggambarkan secara sistematis fakta dan karakteristik objek dan subjek yang diteliti secara tepat. Tujuan penelitian deskriptif adalah untuk membuat deskriptif, gambaran atau lukisan secara sistematis, faktual dan akurat serta fakta-fakta, sifat-sifat serta hubungan antara fenomenal yang diselidiki. penelitian ini mengenai persepsi masyarakat tentang berita online koran sindo maka dapat diketahui bahwa secara keseluruhan persepsi masyarakat di Keluahan kombos timur kec. singkil kota manado bersifat relatif, dalam arti bahwa tanggapan yang diberikan tentang berita online tersebut sesuai dengan sudut pandang, pendapat, dan pengalaman yang berbeda-beda antara satu dengan yang lainnya.
Kata Kunci : Persepsi, Masyarakat, Berita Online

Downloads

Published

2019-11-12

How to Cite

Dalegi, F. R., Mingkid, E., & Rondonuwu, S. (2019). PERSEPSI MASYARAKAT TENTANG BERITA ONLINE DI SURAT KABAR SINDO (STUDI PADA MASYARAKAT DI KELURAHAN KOMBOS TIMUR KEC. SINGKIL KOTA MANADO). ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 1(4). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/26314

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>