Strategi Pustakawan Dalam Meningkatkan Sistem Layanan Sirkulasi Di Perpustakaan Smkn 1 Kota Tidore Kepulauan
Abstract
Abstrak
Perpustakaan sekolah adalah perpustakaan yang berada di lingkungan sekolah yang bertujuan sebagai sarana yang sangat dibutuhkan dalam pembangunan dunia pendidikan. Perpustakaan sekolah merupakan sarana bagi siswa/siswi yang ingin mendapatkan akses informasi, ilmu pengetahuan sekaligus untuk memupuk minat kunjung dan minat baca. Kualitas layanan perpustakaan sekolah mengacu pada kebutuhan siswa dan siswi. Oleh sebab itu, layanan yang baik adalah layanan yang dapat memenuhi kebutuhan dan harapan pemustaka. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi pustakawan dan respons siswa/siswi tentang sistem layanan sirkulasi di bagian peminjaman, pengembalian, perpanjangan. Adapun metode yang digunakan adalah metode kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan yang dipersepsikan oleh informan seperti jumlah koleksi yang dipinjam hanya 3 buku dan batas peminjaman buku hanya diberikan waktu 3 hari. Adapun penambahan opini dari informan agar perpustakaan sekolah menambah lagi koleksi buku yang ada, karena dilihat masih kurangnya koleksi yang menyangkut dengan jurusan yang ada di perpustakaan itu sendiri. Sehingga hal yang diharapkan dapat menjadi masukan bagi para pustakawan di Perpustakaan SMKN 1 bahwa perlu ada peningkatan kualitas layanan sirkulasi sehingga minat baca siswa/siswi bisa meningkat karena merasa “nyaman” berada pada perpustakaan.
Kata Kunci: Kualitas Layanan, Perpustakaan Sekolah.