Pemetaan SMA dan SMK Berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan, Proses, Pembiayaan Pendidikan, dan Penilaian Pendidikan Menggunakan Analisis Biplot di Kabupaten Minahasa Tenggara

Authors

  • Melky Sepang
  • Djoni Hatidja
  • Yohanes Langi

DOI:

https://doi.org/10.35799/dc.4.2.2015.10122

Abstract

Dinas Pendidikan Kabupaten Minahasa Tenggara belum memiliki data tentang standar nasional pendidikan, maka penelitian mengenai standar nasional pendidikan perlu dilakukan.  Tujuan penelitian ini adalah: 1) mendeskripsikan mutu SMA/SMK di Kabupaten Minahasa Tenggara berdasarkan indikator standar nasional pendidikan, yaitu: Standar Kompetensi Lulusan,Standar Proses, Standar Pembiayaan Pendidikan dan Standar Penilaian Pendidikan (Standar Nasional Pendidikan); 2) melakukan pemetaan keunggulan dan kekurangan masing-masing SMA/SMK di Kabupaten Minahasa Tenggara berdasarkan indikator standar Nasional Pendidikan dengan menggunakan analisis Biplot.  Analisis Biplot merupakan penyajian grafik dua dimensi yang menampilkan secara simultan objek pengamatan (SMA/SMK) dan peubah (indikator Standar Nasional Pendidikan).  Gambaran umum SMA/SMK berdasarkan peubah-peubah standar pendidikan diharapkan dapat memberikan informasi tentang mutu masing-asing SMA/SMK di Kabupaten Minahasa Tenggara. Penelitian ini akan dilaksanakan dengan mengambil data primer di 15 SMA/SMK yang berada di Kabupaten Minahasa Tenggara dan data sekunder di Dinas Pendidikan dan Olahraga Kabupaten Minahasa Tenggara. Peubah-peubah yang diamati adalah Standar Kompetensi Lulusan, Standar Proses, Standar Pengelolaan, Standar Pembiayaan Pendidikan dan Standar Penilaian Pendidikan. Data akan dianlisis dengan menggunakan perangkat Komputer. Hasilnya, menunjukan bahwa SMA/SMK di kabupaten Minahasa Tenggara sudah mempunyai kualitas yang cukup baik SMK 1 Ratahan memiliki siswa terbanyak dari sekolah-sekolah lain dengan jumlah 684 siswa sedangkan SMK Muhamadyah Ratatotok memiliki siswa paling sedikit yaitu 16 siswa dikarenakan sekolah ini baru dibuka dan baru mempunyai siswa kelas X.Hampir Semua sekolah di kabupaten Minahasa Tenggara memiliki biaya pendidikan berasal dari dana bos, bosda dan komite. Kecuali SMK Muhamadyah yang memiliki biaya pendidikan berasal dari muhamadyah.

Kata kunci: Analisis Biplot, Standar Nasional Pendidikan

Author Biographies

Melky Sepang

Program Studi Matematika, FMIPA, UNSRAT Manado

Djoni Hatidja

Program Studi Matematika, FMIPA, UNSRAT Manado

Yohanes Langi

Program Studi Matematika, FMIPA, UNSRAT Manado

Downloads

How to Cite

Sepang, M., Hatidja, D., & Langi, Y. (2015). Pemetaan SMA dan SMK Berdasarkan Standar Kompetensi Lulusan, Proses, Pembiayaan Pendidikan, dan Penilaian Pendidikan Menggunakan Analisis Biplot di Kabupaten Minahasa Tenggara. d’Cartesian, 4(2), 210–217. https://doi.org/10.35799/dc.4.2.2015.10122

Most read articles by the same author(s)

> >>