Penerapan Rantai Markov Dalam Pemilihan Minat Masuk Siswa SMA Ke Universitas Di Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.35799/dc.5.1.2016.12733Abstract
Analisis Rantai Markov adalah suatu metode yang mempelajari sifat-sifat suatu variabel pada masa sekarang yang didasarkan pada sifat-sifatnya di masa lalu dalam usaha menaksir sifat-sifat variabel tersebut dimasa yang akan datang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui besarnya perpindahan peluang pemilihan minat siswa SMA ke universitas di Indonesia dengan menggunakan metode Rantai Markov berdasarkan data dari siswa kelas XII IPA SMA Negeri 09 Manado dan siswa kelas XII IPA SMA Negeri 01 Manado terhadap pemilihan universitas negeri maupun swasta dari tahun 2016 sampai tahun 2018. Data sampel terdiri dari 315 siswa yang berasal dari siswa kelas XII IPA SMA Negeri 09 Manado sebanyak 100 orang dan siswa kelas XII IPA SMA Negeri 01 Manado sebanyak 215 orang. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa Rantai Markov dapat digunakan untuk memprediksi peluang perpindahan pemilihan universitas terhadap minat siswa dalam memilih universitas di Indonesia, maka dapat diambil kesimpulan sebagai berikut : untuk universitas pangsa pasar periode pertama pada tahun 2016 di dominasi oleh UNSRAT sebesar 39%, kemudian diikuti oleh UNIMA 21%, UGM 7%, ITB 7%, UI 6.%, UNPAD 5%, UBM 2%, UNUD 2%, POLTEKES 2%, UNAIR 1%, UPH 3% dan Lainnya 4%. Sedangkan pangsa pasar periode berikutnya pada tahun 2018 peluang berubah , walaupun tetap masih di dominasi oleh UNSRAT 41%, UNIMA 21%, UGM 8%, ITB 9%, UI 5%, UNPAD 6%, UBM 1%, UNUD 2%, POLTEKES 1%, UNAIR 1%, UPH 2% dan Lainnya 3%.
Kata kunci : Rantai Markov, Pangsa pasar, SMA, Universitas