Analisis Regresi Logistik untuk Menentukan Kepuasan Pasien Rawat Inap pada Kualitas Layanan Rumah Sakut Umum Pusat Prof. dr. R. D. Kandou Manando
DOI:
https://doi.org/10.35799/dc.8.2.2019.24259Abstract
Kesehatan merupakan hak asasi sehingga setiap masyarakat berhak memperoleh pelayanan kesehatan secara adil, merata, dan bermutu. Pada masa sekarang ini seiring dengan kemajuan teknologi, rumah sakit yang ada di Indonesia juga ikut berkembang sebagai tempat pelayanan yang memiliki fungsi sebagai pemulihan kesehatan untuk anggota masyarakat, baik secara rawat inap, maupun rawat jalan. Suatu hal yang penting bagi sebuah rumah sakit umum pusat Prof. Dr. R. D. Kandou Manado yang dinilai dari berbagai aspek kualitas layanan yaitu bukti fisik, kehandalan, daya tanggap, jaminan, dan empati. Maka dilakukan penelitian ini untuk menguji pengaruh tingkat kualitas layanan rumah sakit umum pusat Prof. Dr. R. D. Kandou Manado terhadap kepuasan pasien rawat inap. Metode penentuan sampel digunakan adalah propotional sampling sebanyak 100 sampel. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi logistik biner. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan analisis regresi logistik biner maka diperoleh model regresi logistik biner logit . Dilihat bahwa aspek layanan yang berpengaruh positif serta signifikan terhadap kepuasan pasien rawat inap adalah variabel tangibles (bukti fisik).
Kata kunci : Regresi Logistik Biner, Kepuasan Pasien Rawat Inap, Aspek Layanan