PEMETAAN SMP-SMP DI KABUPATEN MINAHASA TENGGARA, SULAWESI UTARA BERDASARKAN STANDAR PENDIDIKAN DAN TENAGA KEPENDIDIKAN, STANDAR SARANA DAN PRASARANA, STANDAR PENGELOLAAN DAN STANDAR PEMBIAYAN PENDIDIKAN DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS BIPLOT
DOI:
https://doi.org/10.35799/dc.1.1.2012.532Abstract
ABSTRAKPenelit ian ini dilakukan dengan tujuan untuk memetakkan keunggulan serta kekurangan SMP-SMP di Kabupaten Minahasa Tenggara berdasarkan indikator standar pendidikan dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan dan standar pembiayaan pendidikan.
Data penelit ian ini diperoleh dari sampel 13 SMP di Kabupaten Minahasa Tenggara dan Dinas Pendidikan Nasional Kabupaten Minahasa Tenggara. Peubah yang digunakan adalah peubah standar pendidikan dan tenaga kependidikan, peubah standar sarana dan prasarana, peubah standar pengelolaan dan peubah standar pembiayaan pendidikan. Analisis data dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak SAS 9.13.
Hasilnya menunjukkan bahwa sekolah-sekolah yang dikategorikan sudah memiliki kualitas yang baik berdasarkan standar pendidikan dan tenaga kependidikan, standar sarana dan prasarana, standar pengelolaan dan standar pembiayaan pendidikan diantaranya SMPN 1 Ratahan, SMPN 2 Ratahan, SMPN 4 Ratahan, SMPN 5 Ratahan, SMPN 6 Ratahan, SMPN 1 Tombatu, SMPN 1 Belang, MTs Muhammadiyah Belang, SMPN 3 Pusomaen dan SMP Kristen Pantekosta Touluaan. Sedangkan sekolah-sekolah yang memiliki kualitas yang kurang baik   yaitu SMP PGRI Ratahan, SMPN 2 Tombatu dan SMPN 7 Tombatu.
Kata kunci: analisis biplot, sekolah menengah pertama
ABSTRACT
The aim of this research was conducted map the advantages and disadvantages of Junior High Schools in Southeast Minahasa Regency based standard indicators of education and educational personnel, facilit ies and infrastructure standard, management standard and standard of education financing. Â
The research data was obtained from a sample of 13 High Schools in Southeast Minahasa Regency and the Office of Nat ional Education of Southeast Minahasa Regency. Variables used were the standard variables of education and educational staff, standard of facilities and infrastructure variables, management standard and standard of education financing. Data analysis was performed using SAS 9.13. The results showed that the schools are categorized already have good quality based on standard
of education and educational personnel, facilities and infrastructure standard, management standard and standard of education financing among SMPN 1 Ratahan, SMPN 2 Ratahan, SMPN 4 Ratahan, SMPN 5 Ratahan, SMPN 6 Ratahan, SMPN 1 Tombatu, SMPN 1 Belang, MTs Muhammadiyah Belang, SMPN 3
Pusomaen and SMP Kristen Pantekosta Touluaan. Schools that have a poorer quality of SMP PGRI Ratahan, SMPN 2 Tombatu dan SMPN 7 Tombatu.
Keywords: Biplot Analysis, Junior High SchoolÂ
Downloads
Published
2012-09-30
How to Cite
Hatidja, D., & Daman, R. (2012). PEMETAAN SMP-SMP DI KABUPATEN MINAHASA TENGGARA, SULAWESI UTARA BERDASARKAN STANDAR PENDIDIKAN DAN TENAGA KEPENDIDIKAN, STANDAR SARANA DAN PRASARANA, STANDAR PENGELOLAAN DAN STANDAR PEMBIAYAN PENDIDIKAN DENGAN MENGGUNAKAN ANALISIS BIPLOT. d\’Cartesian: Jurnal Matematika Dan Aplikasi, 1(1), 25–33. https://doi.org/10.35799/dc.1.1.2012.532
Issue
Section
Articles