Pengelompokan Sekolah Dasar Di Siau berdasarkan Indikator Mutu Sekolah dengan Menggunakan Analisis Gerombol
DOI:
https://doi.org/10.35799/dc.4.2.2015.9210Abstract
Tujuan penelitian ini adalah: mengelompokan sekolah–sekolah dasar yang ada di siau berdasarkan indikator mutu sekolah dengan menggunakan analisis gerombol. Data Penelitian ini adalah data primer yang diperoleh dari 15 Sekolah Dasar (SD) di Kabupaten SITARO.Analisis Gerombol merupakan Analisis Statistik yang digunakan untuk mengelompokkan n objek pengamatan ke dalam k buah kelompok dimana anggota–anggotanya memiliki karakteristik yang serupa dalam satu atau lebih dari satu gerombol Hasilnya menunjukkan bahwa, terbentuk tiga kelompok atau gerombol yaitu anggota kelompok pertama adalah SD Nasaret Niambangeng, SD Kinali, SD Pniel Kawahang, SD Bethabara Paseng, SD Baitesda Bumbiha, SD Eirene Hiung dan SD Khatolik Ondong dengan indikator mutu yang unggul adalah nilai rata–rata HUN, kondisi bangunan sekolah, banyaknya jenis ruangan, Jumlah eksemplar buku pegangan siswa terhadap jumlah siswa per mata pelajaran, Jumlah eksempalar buku pegangan guru permata pelajaran, rasio jumlah siswa terhadap guru, dan rasio jumlah pendaftaran terhadap jumlah yang diterima. Anggota kelompok kedua adalah SD Lehi, SD Mini dan SD Inpres Pehe dengan indikator mutu yang unggul adalah nilai rata–rata HUN, kondisi bangunan sekolah dan banyaknya jenis ruangan. Anggota kelompok ketiga adalah SD Immanuel Ondong, SD Inpres Peling, SD Inpres Paniki, SD Bukide dan SD Nayarmon Nameng dengan indikator mutu sekolah yang unggul adalah jumlah perlengkapan sekolah.
Kata kunci: Analisis Gerombol, Indikator Mutu Sekolah