Pengaruh Brand Ambassador dan Tagline Terhadap Brand Awareness Shopee Indonesia di Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.35797/jab.13.1.9-16Kata Kunci:
brand ambassador,, tagline,, brand awareness,Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh brand ambassador dan tagline terhadap brand awareness Shopee Indonesia di Surabaya. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah pengguna e-commerce yang pernah melihat dan mengetahui brand ambassador Arya Saloka dan Amanda Manopo dan tagline “gratis ongkir” Shopee di Surabaya. Sampel penelitian ini sebanyak 110 responden. Teknik pengambilan sampel menggunakan non probability sampling dengan pendekatan purposive sampling. Teknik pengumpulan data melalui metode elektronik kuesioner. Teknik analisis yang digunakan adalah Regresi Linier Berganda. Hasil analisis regresi linier menunjukan bahwa kedua variabel bebas berpengaruh positif terhadap brand awareness. Selanjutnya pengujian hipotesis menemukan bahwa secara simultan brand ambassador dan tagline berpengaruh signifikan terhadap brand awareness. Sedangkana secara parsial ditemukan bahwa pengaruh brand ambassador terhadap brand awareness tidak signifikan, sementara itu tagline secara parsial berpengaruh signifikan terhadap brand awareness.
Referensi
Firmansyah, M. W. (2022). Pengaruh Tagline Gratis Ongkir Dan Iklan Youtube Dari Shopee Terhadap Brand Awareness. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(3), 5147-5156
Frontier. (2022). https://www.topbrand-award.com/top-brand-index/?tbi_find=shopee# (Diakses pada tanggal 11 September 2022)
Ghozali, I (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program Ibm Spss 25. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegorogo.
Gunawan, C. C., & Susilo, D. (2021). Impact of Cristiano Ronaldo’s Attractiveness as Brand Ambassador Towards Brand Awareness Shopee. Ekspektra: Jurnal Bisnis dan Manajemen, 5(2).
Gunawan, H., & Ayuningtiyas, K. (2018). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan Dan Kualitas Informasi Terhadap Keputusan Pembelian Daring Di Aplikasi Bukalapak Pada Mahasiswa Politeknik Negeri Batam. Journal of Applied Business Administration, 2(1), 152-165.
Karim, A. (2019). Pengaruh Tagline Iklan Versi “Axis Hits Bonus” Dan Brand Ambassador Terhadap Brand Awareness Kartu Axis (Studi Pada Mahasiswa STIE Amkop Makassar). Movere Journal, 1(1), 1-13.
Kotler, Philip dan Keller Kevin Lane. (2009). Manajemen Pemasaran (Edisi 13). Jakarta: Airlangga.
Larasari, E., Lutfi, L., & Mumtazah, L. (2018). Pengaruh Brand Ambassador Dan Event Sponsorship Terhadap Purchase Intention Dengan Brand Image Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Produk Smartphone Vivo pada Mahasiswa Universitas Sultan Ageng Tirtayasa). Sains: Jurnal Manajemen dan Bisnis, 10(2).
Mistianingrum, D., & Dermawan, R. (2022). Pengaruh Brand Ambassador dan Tagline Iklan Terhadap Brand Awareness Pada Produk Mie Sedaap di Hypermart Lippo Plaza Sidoarjo. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 3(4), 2292-2301.
Niya, K., & Syahida, A. R. (2019). Pengaruh Slogan “Aku, Jadi Duta Shampo Lain” Pada Iklan Pantene Versi Anggun C. Sasmi Terhadap Pembentukan Brand Awareness Khalayak. JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 7(3).
Rantung, A. J. (2022). The Influence Of Brand Ambassador And Tagline On Gen-Z Brand Awareness Of Tokopedia. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(2).
Sanusi, A. (2014). Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat
Saputri, D., Mulyatini, N., & Basari, M. A. (2021). Pengaruh Tagline Dan Brand Ambassador Terhadap Brand Awareness (Studi Pada Produk Motor Yamaha Di Pt. Bahana Cahaya Sejati Ciamis). Business Management and Entrepreneurship Journal, 2(4), 80-92.
Saputro, A. (2018). Pengaruh Digital Marketing dan Brand Ambassador dalam Membentuk Brand Identity sebagai Variabel Intervensi terhadap Purchase Intention Pada Produk Markobar. Jurnal Strategi Pemasaran, 5(2).
Shopee. (2022). https://careers.shopee.co.id/about (Diakses pada tanggal 9 September 2022)
Shopee. (2022). https://shopee.co.id/ (Diakses pada tanggal 9 September 2022)
Sitorus, A.S, dkk. (2022). Brand Marketing: The Art Of Branding. Bandung:Penerbit Media Sains Indonesia.
Situmeang, I. V. O. (2016). Modul Pengantar Periklanan. Penerbit: Universitas Persada Indonesia Yai Jakarta
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta CV
Widjaja, Y. R. (2019). Pengaruh Tagline dan Media Periklanan Above the Line terhadap Brand Awareness DAPUR IGA BANDUNG. Jesya (Jurnal Ekonomi dan Ekonomi Syariah), 2(2), 224-230.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Program Studi Administrasi Bisnis Univeristas Sam Ratulangi
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.