PENGARUH FAKTOR TAM TERHADAP REPURCHASE INTENTION (Studi Kasus Dompet Digital Go-Pay)
DOI:
https://doi.org/10.35794/jmbi.v10i1.47483Abstrak
Pandemi Covid-19 berdampak pada perubahan pola aktivitas di masyarakat. Dulu berbagai aktivitas bisa dilakukan secara bebas, kini selain harus mematuhi protokol kesehatan, juga ada pembatasan mobilitas. Tentu saja, ini menjadi salah satu pendorong digitalisasi di hampir semua sektor. Tak terkecuali, sistem pembayaran. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh security, ease of use, dan privacy concern terhadap repurchase intention yang dimediasi oleh kepercayaan pada pengguna e-wallet Go-Pay di Surabaya. Populasi dalam penelitian ini adalah generasi milenial pengguna dompet digital Go-Pay di Surabaya dengan sampel sebanyak 385 responden. Penelitian ini menggunakan pengumpulan data melalui survey online melalui google form. Teknik non-probability sampling ini menggunakan metode purposive sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa keamanan, kemudahan penggunaan, dan privasi berpengaruh signifikan terhadap niat beli ulang yang dimediasi oleh kepercayaan pada pengguna dompet digital Go-Pay di kota Surabaya. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai landasan teori untuk meningkatkan niat pembelian kembali e-wallet dengan menciptakan kepercayaan pada pengguna, meningkatkan keamanan aplikasi e-wallet, dan kemudahan penggunaan e-wallet, serta memperluas perlindungan. privasi data pengguna e-wallet Go-Pay.
Referensi
Alas, R., Übius, U., Lorents, P., & Matsak, E. (2017). Corporate Social Responsibility In European And Asian Countries. Jurnal Manajemen Bisnis Dan Inovasi (JMBI) UNSRAT Vol. 4 No. 1
Annur, C. M. (2020). Keamanan, Faktor Pertimbangan Utama Konsumen Memilih Layanan Pembayaran Digital | Databoks. Katadata.Co.Id, 2020. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2020/10/28/keamanan-faktor- pertimbangan-utama-konsumen-memilih-layanan-pembayaran-digital
Annur, C. M. (2021). E-Wallet, Produk Keuangan yang Paling Rentan Kebocoran Data. Katadata.Co.Id, 1. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/12/09/e- wallet-produk-keuangan-yang-paling-rentan-kebocoran-data
Bodhi, S., & Tan, D. (2022). Keamanan Data Pribadi Dalam Sistem Pembayaran E-Wallet Terhadap Ancaman Penipuan dan Pengelabuan. 4(3), 297–308.
Chawla, D., & Joshi, H. (2019). Consumer attitude and intention to adopt mobile wallet in India – An empirical study. International Journal of Bank Marketing, 37(7), 1590–1618. https://doi.org/10.1108/IJBM-09-2018-0256
Chellappa, R. K., & Pavlou, P. A. (2002). Perceived information security, financial liability and consumer trust in electronic commerce transactions. Logistics Information Management, 15(5/6), 358–368. https://doi.org/10.1108/09576050210447046
Chou, S., Chi, W. C., & Lin, J. Y. (2015). Female online shoppers: Examining the mediating roles of e-satisfaction and e-trust on e-loyalty development. Internet Research, 25(11/12). http://www.emeraldinsight.com/doi/pdfplus/10.1108/F-11-2014-0094
Cyr, D. (2008). Modeling web site design across cultures: Relationships to trust, satisfaction, and E-Loyalty. Journal of Management Information Systems, 24(4), 47–72. https://doi.org/10.2753/MIS0742-1222240402
Dewi, H. K. (2020, January 20). Pembobolan saldo Gopay, antara hacker, kelengahan korban dan perusahaan - Page all. Keuangan.Kontan.Co.Id. https://keuangan.kontan.co.id/news/pembobolan-saldo-gopay-antara- hacker-kelengahan-korban-dan-perusahaan?page=all
Hair, J. F., Sarstedt, M., Hopkins, L., & Kuppelwieser, V. G. (2014). Partial least squares structural equation modeling (PLS-SEM): An emerging tool in business research. European Business Review, 26(2), 106–121. https://doi.org/10.1108/EBR-10-2013-0128
Humairoh, H., Negara, A. K., & Immawati, S. A. (2020). Pertimbangan dan Sikap Milenial terhadap Minat Menggunakan E-Wallet: Pada Masa PSBB Pandemi Covid-19 di Kota Tangerang. Organum: Jurnal Saintifik Manajemen Dan Akuntansi, 3(2), 64–81. https://doi.org/10.35138/organum.v3i2.104
Javier, F. (2022). E-wallet Jadi Alat Pembayaran Digital Terpopuler di 2021. https://data.tempo.co/data/1316/e-wallet-jadi-alat-pembayaran-digital- terpopuler-di-2021
Jonathan, S. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Graha Ilmu. katadata.co.id. (2020, March 3). GoPay Menjadi Pembayaran Favorit Milenial dan Gen Z. https://katadata.co.id/timpublikasikatadata/infografik/5e9a470da5ce7/gopay
-menjadi-pembayaran-favorit-milenial-dan-gen-z
Kansil, D. F., Tulung, J. E., & Pandowo, M. H. C. (2022). Antecedent Peer-To-Peer Lending Investment Intention In Manado. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis Dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 9(1). https://doi.org/10.35794/jmbi.v9i2.42345
Kim, C., Tao, W., Shin, N., & Kim, K. S. (2010). An empirical study of customers’ perceptions of security and trust in e-payment systems. Electronic Commerce Research and Applications, 9(1), 84–95. https://doi.org/10.1016/j.elerap.2009.04.014
Kim, D. J., Steinfield, C., & Lai, Y. J. (2008). Revisiting the role of web assurance seals in business-to-consumer electronic commerce. Decision Support Systems, 44(4), 1000–1015. https://doi.org/10.1016/j.dss.2007.11.007
Ku, E. C. S. (2012). Beyond price: How does trust encourage online group’s buying intention? Internet Research, 22(5), 569–590. https://doi.org/10.1108/10662241211271554
Lidwina, A. (2021). Dompet Digital Jadi Metode Pembayaran Terfavorit saat Belanja Online. Katadata.Co.Id, April. https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/04/14/dompet-digital-jadi-
metode-pembayaran-terfavorit-saat-belanja-online
Liu, C., Marchewka, J. T., Lu, J., & Yu, C. S. (2005). Beyond concern-a privacy-trust- behavioral intention model of electronic commerce. Information and Management, 42(2), 289–304. https://doi.org/10.1016/j.im.2004.01.003
McCloskey, D. W. (2006). The Importance of Ease of Use, Usefulness, and Trust to Online Consumers: An Examination of the Technology Acceptance Model with Older Customers. Journal of Organizational and End User Computing, 18(3), 47–65.
Oroh, C., & Rumokoy, F. (2015). the Influence of Perceived Ease of Use, Perceived Usefulness and Trust on Repurchase Intention of Lion Air E-Ticket. Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 3(3), 950–958.
Pipitwanichakarn, T., & Wongtada, N. (2020). The role online review on mobile commerce adoption: an inclusive growth context. Journal of Asia Business Studies, 14(5), 759–778. https://doi.org/10.1108/JABS-02-2019-0060
Poon, W. C. (2008). Users’ adoption of e-banking services: The Malaysian perspective. In Journal of Business and Industrial Marketing (Vol. 23, Issue 1, pp. 59–69). https://doi.org/10.1108/08858620810841498
Reichheld, F. F., & Schefter, P. (2000). E-Loyalty: Your secret weapon on the web. Harvard Business Review, 78(4), 105–113.
Setyowati, D. (2021, December 9). Data 130 Ribu Pengguna Line Pay Bocor. Katadata.Co.Id. https://katadata.co.id/desysetyowati/digital/61b17bc542853/data-130-ribu-pengguna-line- pay-bocor
Trivedi, S. K., & Yadav, M. (2018). Predicting online repurchase intentions with e-Satisfaction as mediator: a study on Gen Y. VINE Journal of Information and Knowledge Management Systems, 48(3), 427–447.
Trivedi, S. K., & Yadav, M. (2020). Repurchase intentions in Y generation: mediation of trust and e- satisfaction. Marketing Intelligence and Planning, 38(4), 401–415. https://doi.org/10.1108/MIP-02-2019-0072
Wilson, N., Alvita, M., & Wibisono, J. (2021). the Effect of Perceived Ease of Use and Perceived Security Toward Satisfaction and Repurchase Intention. Jurnal Muara Ilmu Ekonomi Dan Bisnis, 5(1), 145. https://doi.org/10.24912/jmieb.v5i1.10489