PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA, DAN PROMOSI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KUE ULANG TAHUN SALTXSUCRE PONTIANAK
DOI:
https://doi.org/10.35794/jmbi.v10i1.46226Abstrak
Abstrak
Saltxsucre merupakan toko online yang menjual kue ulang tahun. Di Pontianak cukup banyak pesaing yang menjual produk sejenis. Kualitas produk, harga, dan promosi merupakan bagian dari strategi pelaku usaha dalam meningkatkan penjualan agar dapat bertahan. Dengan melakukan strategi tersebut diharapkan dapat berdampak pada pengambilan keputusan untuk membeli kue ulang tahun Saltxsucre Pontianak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas produk, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian kue ulang tahun Saltxsucre Pontianak. Dengan menggunakan metode kuantitatif asosiatif penelitian ini menggunakan 40 konsumen Saltxsucre ditetapkan menjadi populasi dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner menggunakan google form. Pengambilan sampel menggunakan metode simple random sampling. Data yang diperoleh akan diuji menggunakan program SPSS 25. Pengujian dilakukan menggunakan teknik analisis regresi linear berganda. Hasil pengujian data menunjukkan bahwa variabel kualitas produk dan harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian. Adapun pada variabel Promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian.
Kata kunci: Kualitas Produk, Harga, Promosi, dan Keputusan Pembelian.
Referensi
Abubakar, R. (2018). Manajemen pemasaran.Alfabeta.
Brata, B. H., et al. (2017). "The influence of quality products, price, promotion, and location to product purchase decision on Nitchi at PT. Jaya Swarasa Agung in Central Jakarta." Saudi Journal of Business and Management Studies 2(4): 357-374.
Fatmawati, E., & A. Sismanto (2020). Pengaruh kualitas produk, harga dan promosi terhadap keputusan pembelian pada Syarah Bakery. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis (JMMIB) 1(1): 146-152.
Gary, A., & Kotler, P. (2008). Prinsip-prinsip pemasaran (edisi 12 Jilid 1). Erlangga.
Gary, A., & Kotler, P. (2008). Prinsip-prinsip pemasaran (edisi 12 Jilid 2). Erlangga.
Ghozali, I. (2018). Aplikasi analisis multivariate dengan program IBM SPSS 25 (edisi 9).Universitas Diponegoro.
Hartawan, E., Liu, D., Handoko, M., Evan, G., & Widjojo, H. (2021). Pengaruh Iklan Di Media Sosial Instagram Terhadap Minat Beli Masyarakat Pada E-Commerce. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 8(1). doi:https://doi.org/10.35794/jmbi.v8i1.33853
Kotler, Philip & Gerry Armstrong, (2014). Principle of marketing, 15th edition. New Jersey. Pearson Pretice Hall.
Kotler, P., & Armstrong, G. (2008). Prinsip-prinsip pemasaran (edisi 12 jilid2). Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2007). Manajemen pemasaran (edisi 12 jilid1). Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen pemasaran (edisi 13 jilid1). Erlangga.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2009). Manajemen pemasaran (edisi 13 jilid 2). Erlangga.
Mauldy, I., & Asep, S. (2020). Pengaruh retailing mix terhadap keputusan pembelian (Studi pada Alfamart Matraman Raya 3 Jakarta Timur).
Melisa, P., L. Mandey, S., & Hasan Jan, A. (2020). Analisis Pengaruh Promosi, Inovasi Produk Dan Citra Perusahaan Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Perceived Value (Studi Kasus Pada Milenial Yang Menggunakan Maskapai Garuda Indonesia). JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 7(3). doi:https://doi.org/10.35794/jmbi.v7i3.31515
Monica, A., & K. Bahrun (2021). Pengaruh kualitas produk, harga, dan promosi terhadap keputusan pembelian kue bay tat chanaya di Kota Bengkulu. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis (JMMIB) 1(2): 174-182.
Miko. Tips memulai bisnis kue ulang tahun. Koinworks. https://koinworks.com/blog/tips-memulai-bisnis-kue-ulang-tahun/
Sugiyono. (2015). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan r&d.Alfabeta.
Tjiptono, F. (2008). Strategi pemasaran (edisi 3).Andi.
Tjiptono, F. (2015). Strategi pemasaran (edisi-4).Andi.
Wibowo, R. A. (2019). Manajemen pemasaran (edisi 1)




