PERAN E-WOM, LIFE STYLE, KEPERCAYAAN, DAN CONTENT MARKETING DALAM KEPUTUSAN PEMBELIAN GENERASI MILENIAL DI FACEBOOK
DOI:
https://doi.org/10.35794/jmbi.v10i1.46629Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh e-wom, life style, kepercayaan, dan content marketing terhadap keputusan pembelian. Jumlah keseluruhan dari populasi dalam penelitian ini belum diketahui, maka pengambilan sample diambil dengan menggunakan sample non probabilitas dan telah diperoleh sebanyak 150 jumlah sample responden. Pengujian hipotesis menggunakan teknik Struktural Equation Model. Berdasarkan hasil penelitian e-wom berpengaruh signifikan secara langsung terhadap keputusan pembelian, life style berpengaruh signifikan secara langsung terhadap keputusan pembelian, kepercayaan berpengaruh signifikan secara langsung terhadap keputusan pembelian, dan content marketing berpengaruh signifikan secara langsung terhadap keputusan pembelian Kata kunci: e-wom, life style, kepercayan, content marketing dan keputusan pembelian.
Referensi
Adirama Aldi. (2012). Pengaruh Citra Merk dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen. Hal 21.
Cahyaningtyas, R., Wijaksana, T. I., & Telkom, U. (2021). 5,065 > t. 8(5), 6488–6498.
Hamid, R. S. (2020). “Niat Konsumen Menggunakan Transportasi Ride-Hailing Di Tengah Pandemi COVID-19: Kerangka Kerja Konseptual Dan Evaluasi Empiris. Jurnal Manajemen Teknologi, 266–89.
Hartawan, E., Liu, D., Handoko, M., Evan, G., & Widjojo, H. (2021). Pengaruh Iklan Di Media Sosial Instagram Terhadap Minat Beli Masyarakat Pada E-Commerce. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 8(1). doi:https://doi.org/10.35794/jmbi.v8i1.33853
Jansen, B. J. 2009. (2009). “Twitter Power: Tweet as Electronic Word Of Mouth.” Journal of The American Society for Information Science and Technology, hal. 20.
Kotler, P., Hermawan, K., & S. (2017). Marketing 4.0: Moving from Traditional to Digital.InMarketing 4.0:
Kotler dan Keller. (2012). Manajemen Pemasaran dialih bahasakan oleh Bob Sabran (Ed 13). Erlangga.
Mandey, S. L. (2009). Pengaruh gaya hidup terhadap keputusan pembelian. Tenaga pengajar fakultas Ekonomi Unsrat.
Melisa, P., L. Mandey, S., & Hasan Jan, A. (2020). Analisis Pengaruh Promosi, Inovasi Produk Dan Citra Perusahaan Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Perceived Value (Studi Kasus Pada Milenial Yang Menggunakan Maskapai Garuda Indonesia). JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 7(3). doi:https://doi.org/10.35794/jmbi.v7i3.31515
Porotu'o, A., Kairupan, B., & Wahongan, G. (2021). Pengaruh Motivasi Kerja Dan Sikap Profesi Terhadap Kinerja Perawat Di Pelayanan Rawat Inap Rumah Sakit Umum GMIM Pancaran Kasih Manado Melalui Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Intervening. JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 8(2). doi:https://doi.org/10.35794/jmbi.v8i2.32936
Pasa, E. G., Wulandari, J., & Adistya, D. (2020). Analisis E-Trust, E-Wom Dan E-Service Quality Dalam Keputusan Pembelian Online. Jurnal Perspektif Bisnis, 3(2), 63–75. https://doi.org/10.23960/jpb.v3i2.19
Peppers, D. and M. R. (2004). Managing Customer Relationships: A Strategic Framework. John Wiley & Sons, Inc.
Rafidah, I. (2017). Analisis Keamanan, Kemudahan, dan Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online di Lazada. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 6(2), 1–17.
Riska, Komariah, K., & Jhoansyah, D. (2020). Purchase Intention Pada Produk Skincare.
Saragih, M. G., Manulang, S. O., & Hutahean, J. (2020). Marketing Era Digital. Penerbit Andalan.
Sari, V. E. (2019). Pengaruh E-Wom, Lifestyle, Kepercayaan Terhadap Keputusan Pembelian Ticket Online Booking Pada Situs Traveloka.Com Di Ponorogo (Studi Kasus Pembelian Tiket Pesawat Dan Kereta Api). Jurnal Administrasi Bisnis Fisipol Unmul, 7(4), 474. https://doi.org/10.54144/jadbis.v7i4.2863
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Bisnis (Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D). Alfabeta.CV.
Thurau-Hennig., Gwinner, K.P., Walsh, G., D., & Gremier, D, D. (2004). “Electronic Word-OfMouth via Consumer-Opinion Platforms: What Motives Consumers to Articulate Themselves On The Intenet?” Journal Of Interactive Marketing., Vol.18, No.
Yanti Yulianti, Y. D. (2018). Gaya Hidup Kaitannya Dengan Keputusan Konsumen Dalam Membeli Minuman Kopi. Jurnal AGRISEP, Vol. 17 No, Hal:39-50.




