Analisis Bibliometrik ANALISIS BIBLIOMETRIK: TREN DAN PERSPEKTIF PENELITIAN PENDIDIKAN PEDAGOGI DI ERA DIGITAL (2014-2024)
DOI:
https://doi.org/10.35794/jmbi.v12i1.59616Abstrak
Kajian pedagogi menjadi sangat penting karna memiliki peran dan dampak yang signifikan pada pola pembelajaran di dunia pendidikan. perkembangan digital memberikan dampak yang sangat kuat pada pendekatan dan pola kajian pedagogi. oleh sebab itu diperlukan kajian dan trend mendalam terkait penelitian pedagogi di era digital dalam satu dasawarsa terakhir. Analisis Bibliometrik pada topik ini bertujuan untuk memetakan penelitian tentang pedagogik dalam era digital. Sumber data di ambil dari database Scopus, dengan area subjek pembahasan pedidikan dan digital, dari pencarian kata “Pedagogik” dan “E-learning” serta “Education”, yang menggunakan berbahasa inggris, serta artikel yang final publish. Dari hasil pengalian data di dapat 1.996 artikel dan selanjutnya di analisis. Hasil memperlihatkan peningkatan yang signifikan pada tahun 2014-2024 dari jumlah publikasi penelitian. Negara Amerika Serikat sebagai negara paling banyak mengpublikasikan artikel artikel tentang Pedagogik E-learning. VOSViewer digunakan untuk menghimpun kata kunci yang dominan, terdapat 4 Cluster yang muncul. Kata kunci dari penulis "Pedagogy," "E-learning” and “Education”
Referensi
Chabowski, B. R., Samiee, S., & Hult, G. T. M. (2013). A bibliometric analysis of the global branding literature and a research agenda. Journal of International Business Studies, 44(6), 622–634. https://doi.org/10.1057/jibs.2013.20
Donthu, N., Kumar, S., Mukherjee, D., Pandey, N., & Lim, W. M. (2021). How to conduct a bibliometric analysis: An overview and guidelines. Journal of Business Research, 133, 285–296. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2021.04.070
Gong, J. , Sihag, V. , Kong, Q. , &, & Zhao, L. (2021). Visualizing knowledge evolution trends and research hotspots of personal health data research: Bibliometric analysis. JMIR Medical Informatics, 9 (11), 1. https://doi.org/10.2196/31142
Huang, R., Tlili, A., Chang, T. W., Zhang, X., Nascimbeni, F., & Burgos, D. (2020). Disrupted classes, undisrupted learning during COVID-19 outbreak in China: application of open educational practices and resources. Smart Learning Environments, 7(1). https://doi.org/10.1186/s40561-020-00125-8
Kim, K. (2021). Digital pedagogy for the 21st century: Emerging trends and perspectives. (Vol. 69). Educational Technology Research and Development.
Pritchard, A. (1969). Statistical Bibliography or Bibliometrics. Journal Od Documentation, 25, 348–349.
Regmi, K., & Jones, L. (2020). A systematic review of the factors - Enablers and barriers - Affecting e-learning in health sciences education. In BMC Medical Education (Vol. 20, Issue 1). BioMed Central Ltd. https://doi.org/10.1186/s12909-020-02007-6
Selwyn, N. (2016). Education and technology: Key issues and debates (Bloomsbury). Bloomsbury publishing.
Van Eck, N. J., & Waltman, L. (2010). Software survey: VOSviewer, a computer program for bibliometric mapping. Scientometrics, 84(2), 523–538. https://doi.org/10.1007/s11192-009-0146-3
Zupic, I. , & Čater, T. (2015). Bibliometric Methods in Management and Organization (18th ed.). Organizational Research Methods. https://research.gold.ac.uk/id/eprint/26859/