Inventarisasi Jenis Dan Sebaran Pohon Pakan Julang Sulawesi (Aceros cassidix) di Taman Hutan Raya Gunung Tumpa H.V. Worang, Sulawesi Utara

Authors

  • Jonathan Runtu Program Studi Kehutanan, Universitas Sam Ratulangi
  • Hard N. Pollo Program Studi Kehutanan, Universitas Sam Ratulangi
  • Wawan Nurmawan Program Studi Kehutanan, Universitas Sam Ratulangi

Abstract

Pada awalnya Gunung Tumpa merupakan kawasan hutan lindung yang kemudian melalui SK.434/Menhut-II/2013 tanggal 17 Juni 2013 berubah fungsi menjadi Taman Hutan Raya. Selanjutnya berdasarkan pada Keputusan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republic Indonesia Nomor SK.2364/Menhut-VII/KUH/2015 tanggal 28 mei 2015 Hutan Lindung Gunung Tumpa ditetapkan menjadi Taman Hutan Raya Gunung Tumpa (TAHURA) dengan luas 208, 81 Ha. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui jenis tumbuhan pakan julang sulawesi di kawasan Taman Hutan Raya Gunung Tumpa. Metode pengumpulan data yaitu data primer dan data sekunder. Data primer diambil di lapangan dengan cara observasi, pengamatan, dan pengukuran. Untuk jalur observasi dengan menggunakan cara eksplorasi dan perjumpaan dengan julang sulawesi didasarkan pada suara dan penglihatan langsung saat burung hinggap dan makan Sedangkan data sekunder diperoleh secara tidak langsung yakni dari studi pustaka sebagai acuan untuk mengetahui jenis pohon pakan. Data yang diperoleh pada hasil pengamatan akan dikelompokkan dan dibuat dalam bentuk tabel kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 15 individu pohon dari 5 famili tumbuhan yang digunakan julang sulawesi sebagai pohon singgah, pohon tidur, dan pohon pakan. Berdasarkan sebaran pohon Terdapat 6 jenis  pohon pakan, yang ditemukan berbuah ada 4 yaitu Ficus fistulosa, Ficus altissima, Cananga odorata dan Ficus tinctoria. sisanya yang tidak berbuah Ficus benjamina, Dracontomelon dao.

References

Azizah, N.. 2010. Perencanaan Wisata Burung Rangkong (Famili Bucerotidae) di Harapan Rain Forest Kabupaten Batanghari Provinsi Jambi. Skripsi. Institut Pertanian Bogor. Bogor.

Matarinza. 1992. Asosiasi Monyet Sulawesi (Macaca sp.) dengan Empat Jenis Burung di Sulawesi Tengah dan Sulawesi Utara. Universitas Indonesia. Depok.

Poonswad, P., A. Tsuji dan N. Jirawatkavi. 2004. Estimation of Nutrients Delivered to Nest Inmates by Four Sympatric Species of Hornbills in Khao Yai National Park, Thailand. Ornithological Science, 3(2): 99-112.

Suryadi. 1994. Tingkah Laku Makan Rangkong Sulawesi (Rhyticeros cassidix) Pada Masa Tidak Berbiak di Cagar Alam Tangkoko Batuangus Sulawesi. Skripsi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Universitas Indonesia. Jakarta.

White, C. M.. 1998. The Birds of Wallacea (Sulawesi, The Moluccas and Lesser Sunda Island), Indonesia. The Auk Ornithological Advance, 155(3): 813-815.

Downloads

Published

2023-02-01

Issue

Section

Artikel

Categories

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>