Struktur dan Komposisi Kupu-Kupu dan Tumbuhan Pakan Imago di Air Terjun Rayow dan Rok-Rok Desa Kembes, Kabupaten Minahasa

Authors

  • Suprianus Zega Program Studi Kehutanan, Fakultas Pertanian, Universitas Sam Ratulangi.
  • Hard N. Pollo Program Studi Kehutanan, Fakultas Pertanian, Universitas Sam Ratulangi, Manado.
  • Roni Koneri Program Studi Biologi, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Universitas Sam Ratulangi

DOI:

https://doi.org/10.35791/sil.v1i1.41284

Abstract

Alih fungsi lahan disekitar air terjun menimbulkan ancaman yang serius bagi habitat kupu-kupu, yang mengalihfungsikan hutan menjadi lahan perkebunan. Tujuan Penelitian ini untuk menganalisis struktur dan komposisi spesies kupu-kupu, menginventarisasi tumbuhan pakan imago dan mengukur faktor abiotik di Air Terjun Rayow dan Rok-Rok. Penelitian menggunakan Metode Transek dan Metode Titik dengan Atraktan. Jalur pengamatan sepanjang 400 m dengan lebar 10 m ke kiri dan ke kanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komposisi spesies kupu-kupu yang diperoleh berjumlah 53 spesies, 43 spesies di Air Terjun Rayow dan 40 spesies di Air Terjun Rok-Rok. Kupu-Kupu yang tertarik dengan Atraktan di Air Terjun Rayow terdapat 6 spesies dan Air Terjun Rok-Rok tidak ditemukan. Faktor abiotik yang diukur yaitu, elevasi, temperatur udara, kelembaban udara, intensitas cahaya, kecepatan angin, temperatur air, lebar sungai, kedalaman air, kecepatan air, dan kekeruhan air. Tumbuhan pakan imago di Air Terjun Rayow terdapat 4 spesies yaitu, Chromolaena odorata, Lantana camara, Stachytarpheta cayennensis dan Melanthera biflora, sedangkan tumbuhan pakan imago di Air Terjun Rok-Rok terdapat 6 spesies yaitu, Mikania cordata, Lantana camara, Stachytarpheta indica, Hyptis capitata, Pueraria phaseoloides dan Melochia umbellata.

References

Bambang, P., dan M. Abdullah. 2013. Keanekaragaman jenis kupu-kupu di Taman Kehati Unnes. Biosaintifika, 5(5): 101-105.

Handayani, S.A., K.J. Shagir, Kadriansyah, Chaeril, S. Bachril, dan Tahari. 2018. Metamorfosa. Balai Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung. Bantimurung Maros, Sulawesi Selatan.

Koneri, R.. 2016. Kelimpahan Kupu-kupu (Lepidoptera) di Kawasan Cagar Alam Gunung Ambang Sulawesi Utara. Jurnal Pro-Life, 3(2): 71-82.

Lestari D.F., R.D.A Putri, M. Ridwan, A.D. Purwaningsih. 2015. Keanekaragaman kupu-kupu (Insekta: Lepidoptera) di Wana Wisata Alas Bromo, BKPH Lawu Utara, Karanganyar, (Jawa Tengah. Pros Sem Nas Masy Biodiv Indon 1: 1284-1288.

Mogan, Y., R. Koneri, dan E. Baideng. 2018. Keanekaragaman Kupu-kupu (Lepidoptera) di Kampus Universitas Sam Ratulangi, Manado. Jurnal Bios Logos, 8(2): 59-68.

Nuraini, U., I. Widhiono, dan E. Riwidiharso. 2020. Keanekaragaman dan Kelimpahan Kupu-Kupu (Lepidoptera: Rhopalocera) di Cagar Alam Bantarbolang, Jawa Tengah. Bio Eksakta. Jurnal Ilmiah Biologi Unsoed, 2(2): 157-164.

Pahlewi, R.B.. 2017. Keanekaragaman Jenis Kupu-kupu (Lepidopterra) di Tiga Kondisi Habitat di Resort Cangkringan Taman Nasional Gunung Merapi. Skripsi. IPB. Bogor.

Peggie, D.. 2014. Mengenal Kupu-kupu. Pandu Aksara Publishing. Jakarta.

Rahayuningsih, M., R. Oqtafiana, dan B. Priyono. 2012. Keanekaragaman Jenis Kupu-kupu Superfamili Papilionodae di Dukuh Banyuwindu Desa Limbangan Kecamatan Limbangan Kabupaten Kendal. Jurnal MIPA, 35(1): 58-64.

Shari, N. A.. 2021. Keanekaragaman dan Kelimpahan Kupu-Kupu (Sub Ordo: Rhopalocera) di Hutan Lindung Gambut (HLG) Sungai Buluh Kabupaten Tanjung Jabung Timur sebagai Materi Praktikum Mata Kuliah Ekologi Umum. Disertasi. Universitas Jambi. Jambi.

Sulistyani, T.H.. 2013. Keanekaragaman Jenis Kupu-kupu (Lepidoptera Rhopalocera) di Kawasan Cagar Alam Ulolanang Kecubung Kabupaten Batang. Skripsi. Universitas Negeri Semarang. Semarang.

Wakano, D., dan D.D. Moniharapon. 2019. Keanekaragaman Jenis Kupu-Kupu Lepidoptera di Kawasan Kampus Universitas Pattimura Ambon. Rumphius: Pattimura Biological Journal, 1(2): 20-26.

Downloads

Published

2022-06-22

Issue

Section

Artikel

Most read articles by the same author(s)