PERAN KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI DOSEN PEMBIMBING AKADEMIK DAN MAHASISWA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR (STUDI DI JURUSAN ILMU KOMUNIKASI FISPOL UNSRAT)

Authors

  • David Berkamp Manik
  • Elfie Mingkid
  • Reiner R. Onsu

Abstract

Penelitian dengan judul Peran Komunikasi Antar Pribadi Dosen Pembimbing Akademik dan Mahasiswa Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Mahasiswa (Studi di Jurusan Ilmu Komunikasi FISPOL UNSRAT) menggunakan metode penelitian kualitatif memanfaatkan informan sebagai sumber data penelitian dengan landasan teori Komunikasi Antar Pribadi dari De Vito. Penelitian ini membahas tentang komunikasi antar pribadi dosen pembimbing akademik dan mahasiswa jurusan Ilmu Komunikasi FISPOL UNSRAT angkatan 2016. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan ditemukan bahwa dalam komunikasi antar pribadi dosen pembimbing akademik dan mahasiswa harus terdapat keterbukaan yang mengacu pada kejujuran dan kepemilikan perasaan dan pikiran, empati yang berupa kemampuan untuk mengetahui apa yang sedang dirasakan orang lain, dukungan yang selalu diberikan, rasa positif terhadap diri sendiri dan orang lain, serta kesetaraan yang berarti ada pengakuan bahwa dosen pembimbing akademik dan mahasiswa saling menghargai.

 

Kata Kunci :Peran dan Komunikasi Antar Pribadi.

Downloads

Published

2020-07-29

How to Cite

Manik, D. B., Mingkid, E., & Onsu, R. R. (2020). PERAN KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI DOSEN PEMBIMBING AKADEMIK DAN MAHASISWA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR (STUDI DI JURUSAN ILMU KOMUNIKASI FISPOL UNSRAT). ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 2(3). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/29671

Most read articles by the same author(s)

> >>