Analisis Biplot terhadap Pemetaan SMA di Kabupaten Minahasa Selatan berdasarkan Standar Isi, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Penilaian Pendidikan

Authors

  • Yohanes Aldo Taogan
  • Marline Paendong
  • Charles Mongi

DOI:

https://doi.org/10.35799/dc.5.1.2016.12234

Abstract

Penelitian dilakukan untuk: 1) Mendeskripsikan Sekolah Menengah Atas (SMA)  di Kabupaten Minahasa Selatan berdasarkan  Standar Isi, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Penilaian Pendidikan. 2) Pemetaan keunggulan dan ketidakunggulan Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Minahasa Selatan berdasarkan Standar Isi, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Penilaian Pendidikan dengan menggunakan Analisis Biplot. Penelitian dilakukan di Kabupaten Minahasa Selatan dengan menggunakan data primer yang diambil pada SMA-SMA melalui kuesioner yang diisi oleh Kepala Sekolah bersama Kepala Tata Usaha sebanyak 11 SMA dari total populasi sebanyak 19 SMA. Dengan menggunakan analisis biplot menunjukkan bahwa SMA N 1 Tareran  memiliki keunggulan pada peubah standar kompetensi lulusan (X3) dan SMA N 1 Amurang memiliki keunggulan pada peubah standar tenaga pendidik dan tenaga kependidikan (X2). SMA N 1 Sinonsayang , SMA N 1 Amurang Barat , SMA Kristen Suluun, SMA N 1 Tatapaan, SMA N 1 Tenga , SMA N 1 Amurang Timur  dan SMA N 2 Tareran memiliki kemiripan karakteristik  untuk peubah standar tenaga pendidik dan tenaga kependidikan (X2), peubah standar kompetensi lulusan (X3) dan peubah standar penilaian pendidikan (X4).

Kata kunci : Analisis biplot, Minahasa Selatan, Sekolah Menengah Atas, Standar Nasional Pendidikan

Author Biographies

Yohanes Aldo Taogan

Program Studi Matematika, FMIPA, UNSRAT Manado

Marline Paendong

Program Studi Matematika, FMIPA, UNSRAT Manado

Charles Mongi

Program Studi Matematika, FMIPA, UNSRAT Manado

Downloads

How to Cite

Taogan, Y. A., Paendong, M., & Mongi, C. (2016). Analisis Biplot terhadap Pemetaan SMA di Kabupaten Minahasa Selatan berdasarkan Standar Isi, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Standar Kompetensi Lulusan dan Standar Penilaian Pendidikan. d’Cartesian, 5(1), 13–20. https://doi.org/10.35799/dc.5.1.2016.12234

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>