Pengembangan Diversifikasi Produk Turunan Ikan Fufu Asap Cair

Authors

  • Henny Adeleida Dien PS. Teknologi Hasil Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara, Indonesia.
  • Siegfried Berhimpon Politeknik Negeri Nusa Utara
  • Srie Jean Sondakh PS. Agribisnis Perikanan, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Universitas Sam Ratulangi, Manado, Sulawesi Utara, Indonesia.

DOI:

https://doi.org/10.35800/mthp.8.1.2020.27116

Keywords:

asap cair, diversificais

Abstract

Komoditi Cakalang fufu (ikan asap) Sulawesi Utara dapat dikatakan sebagai exotic indogenous food, namun masih diperhadapkan dengan beberapa permasalahan, antara lain; penampilan produk masih terbatas, produk belum dikemas karena dirasa sulit, sehingga mudah dihinggapi lalat, mudah terkontaminasi bakteri, menyebabkan produk cepat menjadi busuk. Salah satu upaya yang dapat dilakukan dalam meningkatkan mutu hasil perikanan ialah dengan dilakukannya sosialisasi, diseminasi dan praktik tentang bagaimana cara memproduksi Cakalang fufu asap cair yang mudah dikemas sehingga dapat lebih awet. Berhimpon dkk (2014, 2015, 2016) melalui penelitian MP3EI, meneliti teknolologi tepat guna pengolahan dan pengemasan produk ikan fufu asap cair yang dapat dikemas dan mempunyai daya awet sampai dengan tiga bulan pada suhu ruang. Program Kemitraan Masyarakat ini bertujuan untuk mentransfer teknologi tepat guna tersebut untuk mengolah produk cakalang fufu untuk menghasilkan produk bernilai tambah seperti: Burger cakalang, pampis cakalang, Sandwich cakalang, Nasi Jaha pampis, Lumpia cakalang, dan Macao pampis. Dengan demikian produk akhir mempunyai nilai tambah, dan mitra pengolah ikan fufu akan memperoleh pendapatan yang lebih tinggi. Produk olahan akan mempunyai pasar lebih luas termasuk pasar on line, dapat dijual sebagai souvenir, sehingga menunjang parawisata kota Manado. Metode yang dipakai, adalah penyuluhan dan pendampingan, penjelasan materi disertai praktek pengolahan. Kegiatan dilakukan pada kelompok pengolah ikan Sederhana Dua. Luaran dari kegiatan ini adalah Teknologi Tepat Guna (TTG), artikel pada jurnal ber ISSN atau prosiding nasional, artikel pada media masa cetak atau on line, desain produk industri, dan merek dagang oleh mitra.

Downloads

Published

01/10/2020

How to Cite

Dien, H. A., Berhimpon, S., & Sondakh, S. J. (2020). Pengembangan Diversifikasi Produk Turunan Ikan Fufu Asap Cair. Media Teknologi Hasil Perikanan, 8(1), 26–30. https://doi.org/10.35800/mthp.8.1.2020.27116

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>