ANALISIS PENERAPAN PRINSIP GOOD GOVERNANCE PADA PELAYANAN PUBLIK DI BADAN KESATUAN BANGSA DAN POLITIK KABUPATEN BULELENG
DOI:
https://doi.org/10.35794/jmbi.v11i1.54417Abstract
Abstract. This research aims to analyze the application of good governance principles and develop development strategies to increase the implementation of good governance in public services at the National Unity and Political Agency of Buleleng Regency. The research location is the National Unity and Politics Agency of Buleleng Regency. The subjects in this research were 60 mass organizations. The object of this research is the principles of good governance, public services, National Unity and Politics. The sample in the research used census techniques, namely: 60 officially registered mass organizations and all of them were used as research respondents and 4 elements of public service management. The data collection technique uses questionnaires and interviews which are filled in via Google Form. Data analysis techniques use descriptive analysis and SWOT. The research results show the factors that influence the implementation of good governance: human resources have carried out their duties well, but attention needs to be paid to the attitude of human resources in serving the community and needs to be improved. Community participation has been good in every activity, and the desire to participate and convey aspirations has not been closed
Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan prinsip good governance serta menyusun strategi pengembangan untuk peningkatan penerapan good governance pada pelayanan publik di Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Buleleng. Lokasi penelitian yaitu Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Buleleng. Subjek dalam penelitian ini 60 ormas. Objek penelitian ini prinsip good governance, pelayanan publik, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik. Sampel pada penelitian menggunakan teknik sensus yaitu: 60 ormas yang resmi terdaftar dan seluruhnya dijadikan responden penelitian dan 4 unsur pengelola pelayanan publik. Teknik pengambilan data menggunakan metode kuisioner dan wawancara yang diisi melalui Google Form. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan SWOT. Hasil penelitan menunjukkan dari faktor yang mempengaruhi pelaksanaan good governance: sumber daya manusia sudah melaksanakan tugas dengan baik namun perlu di perhatikan sikap sumber daya manusia dalam melayani masyarakat serta perlu ditingkatkan. Partisipasi masyarakat sudah baik dalam setiap kegiatan, serta tidak menutup keinginan berpartisipasi, menyampaikan aspirasi.
References
Agung Barok Pratama, Arina Manasikana, N. A. F. (2023). Efektivitas Layanan Aduan Lapor Bupati Berbasis E-Government di Kabupaten Pekalongan. Jurnal Aplikasi Kebijakan Publik & Bisnis, 4(1), 78–96. https://stia-saidperintah.e-journal.id/ppj/article/view/120%0Ahttps://stia-saidperintah.e-journal.id/ppj/article/download/120/81
Agus Dwiyanto. (2008). Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik (Issue 1). Gajah Mada University Press. https://doi.org/10.56444/jma.v7i1.67
Arif, M. M. (2019). Implementasi Pelayanan Publik Terhadap Penanganan Pengaduan Masyarakat Tentang Data Ganda pada Instansi Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Gresik. Airlangga Development Journal, 2(1), 13. https://doi.org/10.20473/adj.v2i1.18024
Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. PT.Rineka Cipta.
Ayuningtyas, D. W. (2020). Penerapan Good Governance Dalam Meningkatkan Pelayanan Publik Keimigrasian. Journal of Administration and International Development, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.52617/jaid.v1i1.223
Badan Kesatuan Bangsa dan Politik. (2023). Rencana Strategis Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Buleleng Tahun 2023-2026, 63.
Bloom, N., & Reenen, J. Van. (2013). Tata Kelola Sektor Publik. In NBER Working Papers. http://www.nber.org/papers/w16019
Edinov, S., Taufik, T., Basri, Y. M., Indrawati, N., & Nur, E. (2022). Pengertian, Prinsip Dan Penerapan Good Governance Di Indonesia. In Owner (Vol. 6, Issue 4). https://doi.org/10.33395/owner.v6i4.1192
Evi, P. (2012). Analisis Kinerja Pelayanan Publik (Studi Kasus Pada SKPD Kabupaten Sukoharjo ). In Skripsi. https://eprints.ums.ac.id/19940/2/3._BAB_I.pdf
Fahruroji & Tuti, R. (2020). Efektifitas badan kesatuan bangsa dan politik dalam meningkatkan kualitas tata kelola pemerintahan di kota tangerang selatan. Gema Publica, 5(1), 1–14.
Haeli. (2020). Penerapan Prinsip-Prinsip Good Governance Pada Pemerintah Daerah Provinsi Nusa Tenggara Barat (Studi Kasus). Jurnal Bestari, 1(1), 1–9.
Hamim, S., Vianda, L., & Pitaloka, S. (2020). Penerapan Prinsip Prinsip Pelayanan Publik Di Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Dan Catatan Sipil Kantor Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kota Pekanbaru. PUBLIKA : Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 6(1), 1–10. https://doi.org/10.25299/jiap.2020.vol6(1).4932
Herdiawanto, H., Hamdayama, J., & Hayati, Y. S. (2010). Cerdas, Kritis, dan Aktif Berwarganegara. Erlangga.
Jatmiko, B., & Lestiawan, H. Y. (2016). Good governance government andthe effect on local governmentperformance (Survey on gunung kidul district government of Indonesia). International Journal of Applied Business and Economic Research, 14(14), 981–997.
Kamaluddin, S. (2019). Tata Kelola Pemerintahan yang Baik (Good Governance) Pada Kantor Distrik Okhika Kabupaten Pegunungan Bintang. Ilmu Administrasi Dan Ilmu Pemerintahan, 3(1), 222–228. http://jurnal.uniyap.ac.id/jurnal/index.php/jurnalfisip/article/view/490
Laksana, M. Z. dan W. (2018). Manajemen Pelayanan Publik. Pustaka Setia.
Mardiasmo. (2009). Akuntansi Sektor Publik (Vol. 28, Issue 2). Andi Offset.
Maryam, N. S. (2016). Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Jurnal Ilmu Politik Dan Komunikasi, VI(1), 1–18.
Mojambo, G. A., Tulung, J. E., & Saerang, R. T. (2020). The Influence of Top Management Team (TMT) Characteristics Toward Indonesian Banks Financial Performance During the Digital Era (2014-2018). JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 7(1).
Nurbaiti, S. R., & Bambang, A. N. (2017). Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Partisipasi Masyarakat dalam Pelaksanaan Program Corporate Social Responsibility ( CSR ) Factors Affecting Community Participation in the Implementation of Corporate Social Responsibility Program. Proceeding Biology Education Conference, 14(1), 224–228.
Nursalam. (2013). Metodologi Penelitian Ilmu Keperawatan: Pendekatan Praktis. Salemba Medika. http://i-lib.ugm.ac.id/jurnal/download.php?dataId=2227%0A???%0Ahttps://ejournal.unisba.ac.id/index.php/kajian_akuntansi/article/view/3307%0Ahttp://publicacoes.cardiol.br/portal/ijcs/portugues/2018/v3103/pdf/3103009.pdf%0Ahttp://www.scielo.org.co/scielo.ph
Oktavia, A. (2022). Fair Value : Jurnal Ilmiah Akuntansi dan Keuangan Analisis penerapan Good Governance terhadap pelayanan publik di Kantor Kecamatan Baturaja Barat. 5(4), 2022. https://journal.ikopin.ac.id/index.php/fairvalue
Palangda, L., & Dame, J. M. (2020). Penerapan Prinsip Good Governance Terhadap Kualitas Pelayanan Publik. PUBLIC POLICY (Jurnal Aplikasi Kebijakan Publik & Bisnis), 1(2), 273–287. https://doi.org/10.51135/publicpolicy.v1.i2.p273-287
Poltak Sinambela, L. (2014). Reformasi Pelayanan Publik : Teori, Kebijakan, dan Implementasi. Bumi Aksara.
Prokomsetda. (2017). Pengertian, Prinsip, dan Penerapan Good Governance di Indonesia. Bagian Protokol Dan Komunikasi Pimpinan. https://prokomsetda.bulelengkab.go.id/informasi/detail/artikel/pengertian-prinsip-dan-penerapan-good-governance-di-indonesia-99
Putra, A. A. (2013). Kebijakan Disiplin Pegawai Dalam Rangka Mewujudkan Good Governance. Jurnal Administrasi Reform, 1(1), 1–22.
Ramendra, J., & Kurniawan, P. S. (2021). Evaluasi Penerapan Good Governance pada Laporan Pertanggungjawaban Alokasi Dana Anggaran. Ekuitas: Jurnal Pendidikan Ekonomi, 9(1), 127. https://doi.org/10.23887/ekuitas.v9i1.28294
Rangkuti, F. (2015). Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis. In Pemikiran Islam di Malaysia: Sejarah dan Aliran (Vol. 20). PT Gramedia Pustaka Utama. https://books.google.co.id/books?id=D9_YDwAAQBAJ&pg=PA369&lpg=PA369&dq=Prawirohardjo,+Sarwono.+2010.+Buku+Acuan+Nasional+Pelayanan+Kesehatan++Maternal+dan+Neonatal.+Jakarta+:+PT+Bina+Pustaka+Sarwono+Prawirohardjo.&source=bl&ots=riWNmMFyEq&sig=ACfU3U0HyN3I
Rosika, C., & Frinaldi, A. (2023). Penerapan Prinsip-Prinsip Good Governance dalam Pelayanan BPJS Kesehatan di Kota Padang. COMSERVA Indonesian Jurnal of Community Services and Development, 2(09), 1902–1908. https://doi.org/10.59141/comserva.v2i09.587
Selamat, M. D. (2013). Penerapan prinsip good governance dalam penyelenggaraan pemerintah daerah (Suatu Studi pada Sekretariat Daerah Kabupaten Kepulauan Siau Tagulandang Biaro). Jurnal Governance, 5(1), 5–24. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/governance/article/view/1558
Soejono, & Abdurrahman, H. (2005). Metode penelitian : suatu pemikiran dan penerapan. Rieneka Cipta.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R & D. Alfabet.
Sujarweni, V. W. (2018). Metodologi penelitian bisnis dan ekonomi pendekatan kuantitatif. Pustaka Baru Press.
Sumatri, Z. B. P. (2018). Penerapan prinsip good governance dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah Kabupaten Blitar. Jurnal Ilmiah Mahasiswa, 7(1), 1–15.
Syam, S. M. (2020). Prinsip-Prinsip Hukum Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik ( Good Governance ). Universitas Hasanudin.
Tawai, A., Muhammad Amir, & Almaidah. (2023). Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik Melalui Penerapan Good Governance Pada Badan Pendapatan Daerah Kota Kendari. Journal Publicuho, 6(1), 343–354. https://doi.org/10.35817/publicuho.v6i1.126
Tompo, M., Madani, M., & Fatmawati, F. (2021). Penerapan Prinsip-Prinsip Good Governance Dalam Pelayanan Publik Di Rsud Lanto Daeng Pasewang Kabupaten Jeneponto. JPPM: Journal of Public Policy and Management, 3(1), 43–52. https://doi.org/10.26618/jppm.v3i1.5320
Tomuka, S. (2012). Penerapan prinsip-prinsip good governance dalam pelayanan publik di Kecamatan Girian Kota Bitung. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.
Triyanto, D., Purnawan, H., & Saputra, B. (2021). Penerapan Prinsip Good Governance Dalam Pelayanan Publik Di Puskesmas Betungan Kota Bengkulu. Restorica: Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara Dan Ilmu Komunikasi, 7(1), 1–6. https://doi.org/10.33084/restorica.v7i1.1922
Yuanida, M. (2010). Pengaruh Implementasi Good Governance Terhadap Kinerja Instansi Pemerintah. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 5(4), 191–195. https://doi.org/10.56338/jks.v5i4.2366