PENGARUH PEMBUATAN KONTEN INSTAGRAM TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MELALUI IKLAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI PADA E-COURSE KANG AVIV INSTITUTE
DOI:
https://doi.org/10.35794/jmbi.v11i1.55115Abstract
Abstract. Currently, the development of internet technology in Indonesia is growing rapidly, supported by the increasing number of internet users. Social media has consistently been the second most trusted source of information for the past three years. Instagram is superior to other social media because it is able to present interesting visual-based content, making it very suitable for use as a means of promoting a tangible product. The increase and decrease in sales is because consumers want companies to present more educational information and produce uniqueness with their own characteristics, so that marketing content, if more implemented, will increase in purchasing decisions. This study was conducted to determine the effect of content creation on purchasing decisions through advertising as a mediating variable in the Kang Aviv Institute e-course. This research method uses quantitative methods with Structural Equation Model (SEM) analysis techniques using Smart PLS 4 software. The sampling method used is simple random sampling with 355 respondents. Based on the research results, the Content Creation variable has a significant positive effect on advertising with a t-statistic value of 34,299 and p-values of 0.000. the Advertising variable has a significant positive effect on Purchasing Decisions with a t-statistic of 12,899 and p-values of 0.000. the Content Creation variable has no significant effect on Purchasing Decisions with a t-statistic of 0.210 and p-values of 0.834.
Abstrak. Pada saat ini perkembangan teknologi internet di Indonesia semakin pesat, hal tersebut didukung oleh peningkatan jumlah pengguna internet yang semakin meningkat. Media sosial secara konsisten menjadi sumber informasi terpercaya kedua selama tiga tahun terakhir. Instagram lebih unggul dari media sosial lain karena mampu menyajikan konten berbasis visual yang menarik, sehingga sangat cocok untuk digunakan sebagai sarana promosi terhadap suatu produk yang berwujud. Kenaikan dan penurunan penjualan karena konsumen ingin perusahaan menyajikan lebih banyak informasi yang edukatif dan menghasilkan keunikan dengan ciri khasnya sendiri, sehingga konten pemasaran jika semakin diterapkan maka akan semakin meningkat dalam keputusan pembelian. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh pembuatan konten terhadap keputusan pembelian melalui iklan sebagai variabel mediasi pada e-course Kang Aviv Institute. Metode penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan teknik analisis Structural Equation Model (SEM) menggunakan software Smart PLS 4. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling dengan 355 responden. Berdasarkan hasil penelitian, variabel Pembuatan Konten berpengaruh positif signifikan tehadap iklan dengan nilai t-statistik 34.299 dan p-values 0.000. variabel Iklan berpengaruh positif signifikan terhadap Keputusan Pembelian dengan t-statistik 12.899 dan p-values 0.000. variabel Pembuatan Konten tidak berpengaruh signifikan terhadap Keputusan Pembelian dengan t-statistik 0.210 dan p-vaues 0.834.
References
Bhardwaj P. (2019). Types Of Sampling In Research. Journal Of The Practice Of Cardiovascular Sciences, 5(3), 157.
Djoyo. (2023). Pengaruh Promosi Dan Kemudahan Penggunaan Aplikasi Terhadap Keputusan Pembelian Shopeefood Pada Mahasiswa Universitas Dirgantara Marsekal Suryadarma Jakarta. Jurnal Ilmiah M-Progress, 13, 1–2.
Faza. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Kepuasan Pelanggan Terhadap Loyalitas Pelanggan Perusahaan Halodoc Di Kota Bandung.
Geo Et Al. (2022). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Mesin Pompa Air Submersible Dab Decker Di Cv. Citra Nauli Electricsindo Pekanbaru . Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 1(4), 3–4.
Ghozali. (2016). Aplikasi Analisis Multivariete Dengan Program IBM SPSS 23 (Imam, Ed.; 8 Ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Ghozali. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25 (9 Ed.). Onesearch.
Herdian & Hani. (2018). Pengaruh Iklan Terhadap Minat Beli Pengguna Youtube Dengan Brand Recognition Sebagai Variabel Interving. Jurnal Bisnis Dan Manajemen, 8(1), 21–28.
Idris. (2023). Pengaruh Strategi Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Melalui Pendekatan Relationship Marketing. Universitas Hasanuddin.
Isra. (2021). Pengaruh Content Marketing Dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Pada Usaha Kecil Menengah Di Media Sosial. Jurnal Komunikasi Bisnis Dan Manajemen, 8(1), 7–8.
Kurniawan. (2023). Pengaruh Instagram Ads Terhadap Minat Beli Konsumen Coffee Shop Di Bandar Lampung.
Melisa, P., L. Mandey, S., & Hasan Jan, A. (2020). Analisis Pengaruh Promosi, Inovasi Produk Dan Citra Perusahaan Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Perceived Value (Studi Kasus Pada Milenial Yang Menggunakan Maskapai Garuda Indonesia). JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 7(3). doi:https://doi.org/10.35794/jmbi.v7i3.31515
Mileva. (2018). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian.
Mojambo, G. A., Tulung, J. E., & Saerang, R. T. (2020). The Influence of Top Management Team (TMT) Characteristics Toward Indonesian Banks Financial Performance During the Digital Era (2014-2018). JMBI UNSRAT (Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis dan Inovasi Universitas Sam Ratulangi)., 7(1).
Mulia. (2020). Pengaruh Iklan Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Studi Kasus Pada Cv Cemilan Kunik Garut. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 7(2), 4–5.
Nifti. (2022). Pengaruh Sosial Media Marketing Instagram Terhadap Keputusan Pembelian Pada Sapphire Grup Purwokerto.
Nurhasanah & Purwanto. (2023). Pengaruh Brand Ambassador Dan Social Media Ads Terhadap Purchase Intention Melalui Brand Image Produk Skincare Ms Glow. Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis, 16, 4–5.
Pertiwi & Gusfa. (2018). Pengaruh Content Marketing Terhadap Pembentukan Brand Awareness Pada Kalbis Institute . Jurnal Media Kom, 8(2), 4–5.
Pratiwi & Mahfudz. (2021). Pengaruh Dukungan Selebriti, Konten Iklan, Dan Ulasan Online Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pakaian Dengan Minat Beli Konsumen Sebagai Variabel Intervening. Diponegoro Journal Of Management, 10(5), 4–5.
Sania. (2021). Pengaruh Konten Pemasaran Instagram @Tumbas.Origine Terhadap Keputusan Pembelian Pada Tahun 2020.
Saputri & Hanifa. (2021). Analisis Dan Pengembangan Konten Sosial Media Marketing Pada Instagram Telkom Sto Dago Tahun 2021. E-Proceeding Of Applied Science, 7(4), 4–5.
Sekaran. (2016). Research Methods For Business: A Skill Building Approach (7 Ed.).
Syahla. (2023). Pengaruh Sosial Media Maketing Instagram Online Shop Allune Terhadap Minat Beli.
Wardhani Et Al. (2021). Pengaruh Iklan Media Sosial (Instagram) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kopiyor Outlet Soekarno Hatta Malang. Universitas Katolik Widya Karya.