PERAN KOMUNIKASI ANTARPRIBADI ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR ANAK DI DESA SEA SATU KECAMATAN PINELENG KABUPATEN MINAHASA

Authors

  • Parcilia M. Kawung
  • Meity D. Himpong
  • Eva Altje Marentek

Abstract

Komunikasi antarpribadi merupakan bagian dari proses interaksi antar individu dan khalayak, dan juga menanamkan nilai-nilai keyakinan dan kebiasaan cara hidup seseorang yang ditujukan kepada pemberian melalui pengetahuan, membangkitkan kesadaran, dan mendorong untuk melakukan tindakan. Komunikasi antarpribadi antara orang tua dan anak merupakan faktor yang besar pengaruhnya terhadap kemajuan prestasi belajar anak. Bagaimana orang tua dapat memberikan pengajaran secara positif yang dapat mendorong seorang anak untuk giat belajar di rumah dengan cara berkomunikasi yang baik dan secara langsung dan yang dapat dengan mudah dimengerti oleh anak. Tujuan penelitian ini yaitu mengetahui bagaimana peran komunikasi antarpribadi orang tua dalam meningkatkan prestasi belajar anak di Desa Sea Satu Kecamatan Pineleng.

Penelitian ini dilakukan di Desa Sea Satu Kec. Pineleng Kab. Minahasa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui observasi (pengamatan), interview (wawancara) dan studi dokumen. Informan pada penelitian ini yaitu 10 orang tua yang terdiri dari 5 Bapak dan 5 Ibu dan 12 anak Sekolah Dasar (SD) dari kelas 4,5 dan 6 yang masing-masing dari satu kelas diambil 4 anak. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu model Miles and Huberman, yaitu dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus-menerus sampai tuntas, sehingga datanya sudah jenuh melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi.

Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar orang tua sering melakukan komunikasi kepada anaknya terkait dengan pendidikan dan juga orang tua sering mendampingi dan memotivasi anaknya dalam belajar, sehingga prestasi belajar anak pun meningkat dan mendapatkan nilai rapor yang sangat baik.

Kata kunci: Komunikasi Antarpribadi, Prestasi Belajar Anak.

Downloads

How to Cite

Kawung, P. M., Himpong, M. D., & Marentek, E. A. (2016). PERAN KOMUNIKASI ANTARPRIBADI ORANG TUA DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR ANAK DI DESA SEA SATU KECAMATAN PINELENG KABUPATEN MINAHASA. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 5(2). Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/11727

Issue

Section

Articles

Most read articles by the same author(s)

> >>