Pengaruh Komunikasi Pemasaran terhadap peningkatan Penggunaan Aplikasi Indomaret Poinku oleh PT.Indomarco Prismatama di kelurahan Bastiong Karance Kota Ternate

Authors

  • Zulhulaifa Arifin Pinang
  • Mariam Sondakh
  • Lingkan E Tulung

Abstract

ABSTRAK


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh komunikasi pemasaran terhadap peningkatan penggunaan aplikasi Indomaret poinku oleh PT.Indomarco Prismatama di kelurahan Bastiong Karance Kota Ternate. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori difusi inovasi. Penelitian ini memiliki satu variabel bebas yaitu komunikasi pemasaran dan satu variabel terikat yaitu penggunaan aplikasi Indomaret poinku. Penelitian ini diukur berdasarkan indikator komunikasi pemasaran yaitu periklanan,pemasaran langsung, pemasaran online, dan promosi penjualan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan teknik pengambilan data menggunakan kuesioner. Populasi dalam penelitian ini adalah pengunjung Indomaret Bastiong Karance bulan Oktober tahun 2022 yang sudah memiliki aplikasi Indomaret poinku dengan sampel sebanyak 50 responden yang ditentukan menggunakan teknik sampling jenuh atau teknik yang penentuan sampel mengambil dari seluruh anggota populasi dan dijadikan sampel penelitian. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif yang sangat kuat sebesar 78 % dari komunikasi pemasaran terhadap peningkatan penggunaan aplikasi Indomaret poinku dan sisanya 22 % adalah variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Pada uji hipotesis didapatkan nilai signifikasikan sebesar 0,000 yang berarti kurang dari 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa variabel komunikasi pemasaran berpengaruh terhadap peningkatan penggunaan aplikasi Indomaret poinku di kelurahan Bastiong Karance Kota Ternate.

.

 

Kata Kunci: Komunikasi Pemasaran, Aplikasi Indomaret Poinku, Teori Difusi Inovasi

 

Downloads

Published

2023-07-02

How to Cite

Pinang, Z. A., Sondakh, M., & Tulung, L. E. (2023). Pengaruh Komunikasi Pemasaran terhadap peningkatan Penggunaan Aplikasi Indomaret Poinku oleh PT.Indomarco Prismatama di kelurahan Bastiong Karance Kota Ternate. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 5(1), 7. Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/49116

Most read articles by the same author(s)

> >>