EFEKTIVITAS MEDIA SOSIAL FACEBOOK DALAM MENYIARKAN IBADAH ONLINE PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI GEREJA BETHEL INDONESIA ROCK BUKIT NOVO DEPOK.

Authors

  • Diego Edward Leander
  • Eva Altje Merentek
  • Edmon R . Kalesaran

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk dapat mengetahui apakah media sosial facebook efektif dalam menyiarkan ibadah online pada masa pandemi Covid- 19. Media sosial merupakan alat komunikasi paling sering digunakan di zaman era globalisasi saat ini. Apalagi pandemi virus covid-19 yang melanda seluruh dunia, tidak kecuali indonesia, memaksa masyarakat untuk mengurangi bahkan menghentikan aktivitas sosial untuk sementara waktu, seperti rapat, pembelajaran bahkan ibadah yang kemudian digantikan menjadi online menggunakan media sosial, salah satunya facebook. Penelitan ini didasari oleh teori efektivitas menurut Cambel J.P. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Lokasi penelitiann ini bertempat di Gereja Bethel Indonesia ROCK (Representative Of Christ Kingdom) Bukit Novo, Pancoran Mas, Depok, Jawa Barat. Informan dalam penelitian ini sebanyak 5 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini ialah wawancara, observasi dan dokumentasi. Wawancara adalah kegiatan tanya-jawab secara lisan untuk memperoleh informasi. Berdasarkan hasil wawancara dengan informan, bahwa ibadah online menggunakan aplikasi facebook pada masa pandemi covid-19 efektif dalam pelaksanaannya. Hal tersebut juga memenuhi keseluruhan poin dari teori efektivitas Campbel J.P.

.

Kata Kunci: Facebook; Ibadah Online; Efektivitas

COVER ACTA

Downloads

Published

2023-06-08

How to Cite

Leander, D. E., Merentek, E. A., & . Kalesaran, E. R. (2023). EFEKTIVITAS MEDIA SOSIAL FACEBOOK DALAM MENYIARKAN IBADAH ONLINE PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI GEREJA BETHEL INDONESIA ROCK BUKIT NOVO DEPOK. ACTA DIURNA KOMUNIKASI, 5(2), 6. Retrieved from https://ejournal.unsrat.ac.id/v3/index.php/actadiurnakomunikasi/article/view/55459

Most read articles by the same author(s)

> >>